Tiga Astronot Sukses Berlabuh di Stasiun Antariksa China

Jum'at, 18 Juni 2021 - 03:01 WIB
loading...
Tiga Astronot Sukses Berlabuh di Stasiun Antariksa China
Tiga astronot berhasil berlabuh di modul stasiun antariksa Tianhe milik China. Foto/cctv
A A A
BEIJING - China telah meluncurkan tiga astronot ke orbit untuk memulai menggunakan stasiun antariksa baru negara itu.

Tiga orang astronot bernama Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo itu akan menghabiskan tiga bulan di atas modul stasiun antariksa Tianhe sekitar 380 km di atas Bumi.

Ini akan menjadi misi luar angkasa berawak terpanjang China hingga saat ini dan yang pertama dalam hampir lima tahun.



Para kru berhasil berlabuh di stasiun luar angkasa lebih dari tujuh jam setelah peluncuran dari permukaan Bumi.



Momen kontak dengan stasiun antariksa itu disambut dengan tepuk tangan dari kontrol misi di China.



Kapsul Shenzhou-12 mereka lepas landas di atas roket Long March 2F pada Kamis.

Lepas landas dari pusat peluncuran satelit Jiuquan di gurun Gobi dilakukan pada 09:22 waktu Beijing.

Peluncuran dan misi selanjutnya adalah demonstrasi lain dari kepercayaan dan kemampuan China yang tumbuh dalam domain ruang angkasa.

Dalam enam bulan terakhir, negara tersebut telah memulangkan sampel batuan dan tanah dari Bulan ke Bumi, dan mendaratkan robot roda enam di Planet Mars. Semua upaya itu sangat kompleks dan menantang.

Apa yang akan dilakukan kru China di luar angkasa? Tujuan utama Komandan Nie Haisheng dan timnya dalam misi Shenzhou-12 adalah menjadikan modul Tianhe seberat 22,5 ton itu mulai beroperasi.

"Saya memiliki banyak harapan," ungkap Nie sebelum peluncuran.

"Kita perlu mendirikan rumah baru kita di luar angkasa dan menguji serangkaian teknologi baru. Jadi, misinya berat dan menantang. Saya percaya dengan kita bertiga bekerja sama, melakukan operasi yang menyeluruh dan akurat, kita dapat mengatasi tantangan kita. Kami memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan misi," tutur dia.

Silinder Tianhe dengan panjang 16,6 meter dan lebar 4,2 meter ini diluncurkan pada April.

Ini adalah komponen pertama dan inti dalam apa yang pada akhirnya akan menjadi pos terdepan yang mengorbit seberat 70 ton, yang terdiri dari tempat tinggal, laboratorium sains, dan bahkan teleskop kelas Hubble untuk melihat kosmos.

Berbagai elemen akan diluncurkan secara bergantian selama beberapa tahun ke depan. Pembangunan akan disertai dengan pengiriman kargo reguler, serta ekspedisi kru.

Apa yang kita ketahui tentang para astronot? Pihak berwenang China merahasiakan identitas astronot Shenzhou-12 sampai konferensi pers pada Rabu.

Seorang pilot pesawat tempur, Nie Haisheng, 56, dikatakan sebagai astronot tertua China di luar angkasa.

Dia adalah veteran dari dua penerbangan sebelumnya, termasuk kunjungan 15 hari pada 2013 ke stasiun ruang angkasa prototipe, Tiangong-1.

Rekan krunya, Liu Boming, 54, dan Tang Hongbo, 45, juga berasal dari latar belakang angkatan udara.

Pengalaman luar angkasa Liu sebelumnya adalah pada misi Shenzhou-7 pada 2008 yang membuatnya berpartisipasi dalam perjalanan luar angkasa pertama di China.

Tang adalah pemula pada kesempatan ini, yang belum pernah pergi ke orbit.

Makanan, bahan bakar, dan peralatan yang akan dibutuhkan ketiganya selama mereka tinggal di Tianhe dikirim robot pengangkut bulan lalu.

Kapal barang ini masih terpasang, dan para astronot akan menjadikan membongkar perbekalannya sebagai tugas pertama mereka segera setelah mereka menetap.

Termasuk dalam pengiriman adalah dua pakaian antariksa yang mereka perlukan untuk melakukan perjalanan luar angkasa di luar modul Tianhe.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)