Biden Janjikan Dukungan 'Lebih' untuk Iran Lewat Saluran Bantuan Swiss

Rabu, 16 Juni 2021 - 10:38 WIB
loading...
A A A
Iran telah menghadapi kekurangan pasokan medis yang parah sejak AS di era pendahulu Biden, Donald Trump, menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan negara itu pada 2018.

Keputusan AS untuk meninggalkan kesepakatan 2015 membuat Teheran meningkatkan kegiatan nuklirnya.

Biden telah menunjukkan kesediaan bergabung kembali dengan perjanjian setelah yakin Iran bersedia menghormati komitmennya, tetapi sementara itu sanksi tetap berlaku.

Washington telah membebaskan akses barang-barang kemanusiaan, terutama obat-obatan dan peralatan medis dari tindakan sanksi.

Tetapi pembelian internasional atas pasokan semacam itu seringkali tidak mungkin dilakukan karena bank-bank internasional menolak berbisnis dengan Iran karena takut melanggar sanksi itu sendiri.

“Selalu ada transfer uang yang menunggu izin dari sana-sini,” papar Cassis, menjelaskan mengapa sistem Swiss tidak digunakan sebanyak yang seharusnya.

Tapi sekarang, dia berkata, “Ada kemauan dari Amerika untuk mempercepat jenis keputusan ini dengan cara yang memungkinkan untuk menggunakan saluran yang ada ini.”

Swiss, yang terkenal dengan netralitasnya, telah mewakili kepentingan diplomatik AS di Iran selama lebih dari empat dekade.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)