Terabas ADIZ Taiwan, Ini Rekaman Pembicaraan Radio Pilot PLA China-Taipei

loading...
Terabas ADIZ Taiwan, Ini Rekaman Pembicaraan Radio Pilot PLA China-Taipei
Rombongan 28 pesawat militer China menerabas ADIZ Taiwan. Foto/Ilustrasi
TAIPEI - Angkatan Udara Taiwan mengeluarkan peringatan tegas kepada sebuah pesawat tempur China pada Selasa pagi setelah sejumlah pesawat militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) terdeteksi di wilayah udara defensif yang dideklarasikan sendiri di pulau itu.

Pengamat pesawat yang memantau gelombang udara di sekitar Taiwan mengatakan mereka menangkap pembicaraan pada frekuensi darurat penerbangan 121,5 MHz pada pukul 09:20 waktu Taipei, pada pagi hari yang melihat 17 peringatan dikirim ke pesawat tempur PLA dalam waktu enam jam.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan kemudian mengkonfirmasi bahwa total 28 pesawat militer China telah terbang ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taipei, menandai rekor "serangan" terbesar dalam satu hari sejak 25 pesawat tempur terdeteksi di ADIZ pada 12 April.

Baca juga: Gerombolan 25 Pesawat Militer China Serbu ADIZ Taiwan

"Ini adalah Angkatan Udara Republik China (ROC). Pesawat militer China terbang pada ketinggian 6.500 meter di wilayah udara barat daya Taiwan: Anda telah memasuki wilayah udara kami dan sedang mempengaruhi keselamatan penerbangan. Berbalik dan segera pergi," bunyi intersepsi radio yang dimulai dengan siaran standar oleh operator radio Taiwan seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (16/6/2021).

Operator menambahkan pesan dengan hati-hati yang jarang terdengar.



"Konsekuensi dari setiap kecelakaan adalah milik Anda sendiri," kata operator radio Taiwan.

Menurut transkrip korespondensi radio, seorang pilot China menjawab panggilan radio tersebut.

"Ini adalah Angkatan Udara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat yang melakukan misi rutin," kata sang pilot.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top