AS-UE Sepakat Gelar KTT Soal Rusia

loading...
AS-UE Sepakat Gelar KTT Soal Rusia
AS dan Uni Eropa sepakat untuk menggelar KTT terkait Rusia yang dianggap semakin agresif. Foto/Ilustrasi
BRUSSELS - Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) telah sepakat untuk mengadakan dialog tingkat tinggi tentang Rusia sebagai bagian dari kemitraan trans-Atlantik yang diperbarui antara AS dan blok 27 negara itu.

Sebuah pernyataan yang dirilis setelah pembicaraan Presiden AS Joe Biden dan kepala dua lembaga utama UE di Brussel mengatakan mereka bersatu dalam pendekatan berprinsip terhadap Rusia. Mereka juga siap untuk merespons dengan tegas pola perilaku negatifnya yang berulang dan kegiatan yang merugikan”

“Mendesak Rusia untuk menghentikan tindakan kerasnya yang terus menerus terhadap masyarakat sipil, oposisi dan media independen dan membebaskan semua tahanan politik,” bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari AP, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: NATO Peringatkan Rusia: Patuhi Kewajiban Internasional atau Hadapi Konsekuensinya

Pernyataan itu dikeluarkan saat Biden bersiap untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa, Swiss.

Presiden dan para pemimpin UE mengatakan AS dan UE juga bertujuan untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka dengan Rusia untuk kerja sama di bidang kepentingan bersama.



Mereka menawarkan dukungan untuk kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas teritorial Ukraina, Georgia, dan Moldova dalam menghadapi upaya Rusia untuk memperluas pengaruhnya. Para pemimpin mengatakan mereka juga mendukung rakyat Belarus dan mendukung tuntutan mereka untuk hak asasi manusia dan demokrasi.

Baca juga: Lithuania: Rusia Coba 'Telan' Belarusia, Militer Barat Harus Bergerak
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top