Kuota Cuma 60.000 Jamaah, Lebih 450.000 Orang di Arab Saudi Sudah Daftar Haji

Selasa, 15 Juni 2021 - 16:31 WIB
loading...
Kuota Cuma 60.000 Jamaah, Lebih 450.000 Orang di Arab Saudi Sudah Daftar Haji
Jamaah melakukan tawaf mengitari kabah di Masjidilharam, Mekah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Lebih dari 450.000 orang di Arab Saudi telah mendaftar untuk melaksanakan haji tahun ini. Jumlah tersebut membludak hanya dalam waktu 24 jam sejak pembukaan platform pendaftaran.

Informsi terbaru itu diungkapkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyoroti besarnya minat warga dan residen melaksanakan ibadah haji.

“Jalur digital menerima lebih dari 450.000 aplikasi untuk melakukan haji, termasuk penduduk (resident) dan warga negara, dalam 24 jam pertama pembukaan pendaftaran,” ungkap Kementerian Haji dan Umrah Saudi.



Menurut pengumuman itu, 60% calon haji adalah laki-laki sementara 40% adalah perempuan.



Untuk pertama kalinya, Arab Saudi mengizinkan perempuan untuk mendaftar haji tahunan tanpa wali laki-laki.

“Mereka yang ingin melakukan haji harus mendaftar secara individual. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki) bersama perempuan lain,” papar Kemendagri dalam infografik terbaru.

Kerajaan akan membatasi haji tahun ini untuk 60.000 penduduk dan warga negara asing yang tinggal di Kerajaan karena pandemi coronavirus yang sedang berlangsung

Mereka yang berusia antara 18-65 dan telah divaksinasi lengkap, sudah menerima dosis pertama setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi COVID-19 diizinkan untuk mendaftar.

Portal pendaftaran diluncurkan pada 13 Juni pukul 1 siang. Tidak ada prioritas untuk pendaftaran awal.

“Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah,” papar laporan resmi Saudi Press Agency (SPA).

Ibadah haji tahun ini diperkirakan akan dimulai pertengahan Juli. Tautan untuk mendaftar dapat diakses di sini: localhaj.haj.gov.sa
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0847 seconds (0.1#10.140)