Buat Provokasi, Pasukan Armenia Tembaki Tentara Azerbaijan Penjaga Perbatasan

loading...
Buat Provokasi, Pasukan Armenia Tembaki Tentara Azerbaijan Penjaga Perbatasan
Pasukan Azerbaijan berjaga di wilayah perbatasan dengan Armenia. Foto/anadolu
BAKU - Pasukan Armenia pada Kamis malam (10/6) melepaskan tembakan ke arah tentara Azerbaijan yang menjaga wilayah Kalbajar di perbatasan antara kedua negara.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan, “Serangan itu membuktikan bahwa pihak Armenia dengan sengaja melanjutkan kebijakan memperburuk situasi dan melakukan provokasi militer di perbatasan negara kedua negara pada malam pemilu (di Armenia)."

Tidak ada korban atau cedera yang dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Azerbaijan.



Baca juga: Azerbaijan Pukul Mundur 40 Tentara Armenia setelah Serang Perbatasan

"Pihak Armenia bertanggung jawab penuh atas insiden itu," papar Kementerian itu.

Baca juga: Perubahan Hukum, Arab Saudi Izinkan Wanita Hidup Sendiri Tanpa Wali Pria

Pada 1991, militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, atau Karabakh Atas, yang diakui secara internasional sebagai wilayah Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Baca juga: Penggalian Mesir Kuno Ungkap Firaun Ramses III Pernah Singgah di Arab Saudi

Pada 27 September 2020, tentara Armenia melancarkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan serta melanggar beberapa perjanjian gencatan senjata kemanusiaan.

Selama konflik 44 hari berikutnya yang berakhir dengan kesepakatan yang ditandatangani pada 10 November, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman serta desa dari pendudukan Armenia.



Kesepakatan damai itu dianggap banyak pihak di Armenia sebagai kekalahan negara itu. Azerbaijan menganggap kesepakatan itu sebagai kemenangannya dalam perang tersebut.
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top