Pakar AS Nilai Kecil Kemungkinan Covid-19 Berasal dari Kebocoran Lab

Kamis, 10 Juni 2021 - 17:32 WIB
loading...
Pakar AS Nilai Kecil Kemungkinan Covid-19 Berasal dari Kebocoran Lab
Peter Hotez, seorang ahli vaksin di Baylor College of Medicine, menilai, kecil kemungkinannya bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium dan kemudian itu bocor. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Peter Hotez, seorang ahli vaksin di Baylor College of Medicine, Amerika Serikat (AS) menilai, kecil kemungkinannya bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium dan kemudian itu bocor, yang menyebabkan pandemi. Pernyataan Hotez datang di tengah terus memanasnya debat mengenai kemungkinan Covid-19 berasal dari laboratorium di Wuhan.

Hotez mengatakan, asal usul virus Covid-19 mungkin terkait dengan beberapa faktor, termasuk inang hewan, urbanisasi, perluasan deforestasi dan mungkin perubahan iklim.

"Ini yang mungkin mendorong peningkatan kontak antara manusia dan hewan, atau kemampuan virus untuk berpindah dari hewan ke manusia, sementara manusia belum sepenuhnya memahami interaksi mereka," kata Hotez.

Dia mengatakan, untuk mengetahui potensi asal hewan dari Covid-19, tim ilmuwan interdisipliner dari China dan internasional perlu dibentuk untuk menguji spesies hewan liar secara menyeluruh, termasuk kelelawar.

DIrinya juga mengatakan, seperti Xinhua pada Kamis (10/6/2021), tim itu juga mungkin perlu memeriksa hewan peliharaan, seperti ternak.

"Setelah SARS pada 2002 dan MERS pada 2012, Covid-19 mungkin memperingatkan orang-orang bahwa epidemi virus Corona baru yang serius akan muncul setiap delapan hingga sepuluh tahun, dan manusia perlu mengetahui asal-usul Covid-19 untuk mencegah pandemi virus Corona berikutnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)