Houthi Klaim Tangkap Mata-mata Mossad, Janji Beber Intervensi Israel di Yaman

Kamis, 10 Juni 2021 - 07:56 WIB
loading...
Houthi Klaim Tangkap Mata-mata Mossad, Janji Beber Intervensi Israel di Yaman
Kelompok pemberontak Houthi mengeklaim telah menangkap mata-mata Mossad Israel di Yaman. Foto/Twitter @army21ye
A A A
SANAA - Kelompok milisi Houthi mengeklaim telah menangkap mata-mata Mossad di Yaman. Kelompok pemberontak ini berjanji akan memberikan rincian lebih lanjut tentang intervensi Israel di negara tersebut dalam beberapa hari mendatang melalui video dokumenter.

Hal itu diumumkan juru bicara militer Houthi Brigadir Jenderal Yahya Sare'e.



"Dokumenter ini bagian dari dokumen yang akan mengungkap bagian dari intervensi Israel di negara kita, rencana mereka untuk menargetkan militer, dan rahasia lainnya terungkap untuk pertama kalinya," katanya, seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (10/6/2021).

Dokumenter tersebut, yang diproduksi oleh "Moral Guidance Department [Departemen Bimbingan Moral]" yang dipimpin oleh pemerintah de facto, dengan judul "The Spy of Mossad in Yemen [Mata-Mata Mossad di Yaman]."

Tidak ada informasi lebih lanjut tentang dugaan mata-mata atau video dokumenter yang diberikan.

Houthi, juga dikenal sebagai Ansar Allah (Pendukung Tuhan) telah lama menuduh Israel terlibat dalam kampanye militer Koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi terhadap mereka pada Maret 2015.

Houthi, yang merupakan sekutu Iran, tidak mengakui hak Negara Yahudi untuk hidup. Slogan milisi yang sering digembar-gemborkan mengandung dua elemen anti-Israel dan anti-Yahudi, berbunyi: “Tuhan Maha Besar, Matilah Amerika, Matilah Israel, Terkutuklah Yahudi, dan Kemenangan Islam!”



Namun, pejabat Houthi kadang-kadang menyarankan bahwa referensi kepada orang Yahudi tidak harus dipahami secara harfiah, dan bahwa masalah milisi adalah dengan Zionisme, bukan orang Yahudi pada umumnya.

Selain itu, beberapa anggota komunitas kecil Yahudi Yaman dilaporkan telah bergabung dengan Houthi dalam memerangi Arab Saudi dan sekutu mereka setelah intervensi militer tahun 2015.

Klaim Houthi menangkap mata-mata Mossad muncul setelah Israel dan Uni Emirat Arab dilaporkan bekerja sama untuk membuat "basis mata-mata" di Socotra, sebuah pulau besar Yaman yang terletak sekitar 350 km tenggara daratan antara Selat Guardafui dan Laut Arab.

Saat ini, pulau itu dikendalikan oleh apa yang disebut Dewan Transisi Selatan, sebuah entitas yang secara luas dilaporkan disponsori oleh UEA yang mengendalikan sebagian besar selatan Yaman dan berusaha untuk memisahkan diri dari bagian lain negara itu.

Pekan lalu, Houthi mengecam Israel di tengah laporan bahwa turis Israel mengunjungi Socotra, dengan mengatakan pulau itu "diduduki" oleh koalisi anti-Houthi.

Pada akhir 2019, dan sekali lagi pada Januari 2021, Houthi mengancam akan menyerang Israel, dengan mengatakan bahwa mereka memiliki “bank target” yang siap untuk membalas “musuh Zionis” jika menargetkan Yaman dalam konflik proksi Iran-Israel.

Ancaman terakhir itu muncul setelah Tel Aviv mengeklaim bahwa Houthi merupakan ancaman bagi Israel, dan laporan bahwa militer Israel sedang mempersiapkan kemungkinan serangan rudal "yang didukung Iran" dari Yaman dan Irak.

Houthi mengancam akan menargetkan target “sensitif” Israel, termasuk kapal Israel di Laut Merah, dan akan melakukan serangan roket dan pesawat tak berawak pada target di Israel yang tepat.

Yaman telah berada dalam pergolakan konflik sipil yang didukung asing sejak pertengahan 2010-an, setelah pemberontakan rakyat yang dipimpin Houthi di Sanaa menggulingkan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Hadi melarikan diri ke Riyadh, di mana Arab Saudi dan koalisi sebagian besar sekutu Teluk melakukan intervensi pada Maret 2015 untuk mencoba mengembalikannya ke tampuk kekuasaan. Konflik hingga saat ini belum terhenti meski sudah banyak korban jiwa berjatuhan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)