Israel Tuduh Hamas Ganggu Sinyal Iron Dome dari Gedung Media yang Dibom

loading...
Israel Tuduh Hamas Ganggu Sinyal Iron Dome dari Gedung Media yang Dibom
Serangan bom Israel menghancurkan gedung media tempat AP dan Al Jazeera di kota Gaza, 15 Mei 2021. Foto/REUTERS
TEL AVIV - Israel tuduh gedung media Gaza yang dihancurkannya digunakan Hamas untuk menghambat sinyal pertahanan udara Iron Dome.

Israel kemudian menawarkan untuk membantu Associated Press (AP) membangun kembali bironya.

Duta Besar (Dubes) Israel untuk Amerika Serikat (AS) Gilad Erdan memberikan penjelasan paling rinci tentang keputusan menyerang gedung media itu saat dia bertemu dengan kepala kantor berita AP Gary Pruitt di kantor pusatnya di New York.



Baca juga: Misteri Perwira Intelijen Israel Tewas di Penjara, Publik Bertanya-tanya

“Unit itu mengembangkan sistem jamming elektronik untuk digunakan melawan sistem pertahanan Iron Dome,” papar Erdan, mengacu pada perisai anti-rudal yang mencegat roket-roket Hamas.

Baca juga: Minggu, ‘Hidup atau Mati’ Rezim Netanyahu Dipastikan dalam Voting Parlemen

Dia memuji peran Associated Press, salah satu kantor berita utama dunia bersama dengan Agence France-Presse dan Reuters.

Baca juga: Mansour Abbas, Kingmaker dan Tokoh Islam di Balik Penggulingan Netanyahu

Dia mengaku tidak membayangkan karyawan AP mengetahui dugaan penggunaan gedung oleh Hamas.

“Israel melakukan segala yang bisa dilakukan untuk memastikan tidak ada karyawan atau warga sipil yang terluka selama operasi penting ini,” papar dia dalam pernyataan yang dirilis sehari setelah pertemuannya dengan para eksekutif AP.



Dia menyebut Hamas adalah organisasi teroris genosida yang tidak menghargai pers. “Mereka sengaja menempatkan mesin terornya di wilayah sipil, termasuk di kantor-kantor yang digunakan oleh media internasional,” papar dia.

Erdan mengatakan Israel "bersedia membantu" Associated Press dalam membangun kembali kantornya di Gaza, yang dikendalikan Hamas.

AP dan kelompok hak media internasional sebelumnya menyerukan penyelidikan independen atas tuduhan bahwa gedung Menara Jala itu digunakan Hamas.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top