Terbongkar, Orang-orang Super Kaya AS ‘Hampir’ Tak Bayar Pajak Penghasilan

Kamis, 10 Juni 2021 - 01:03 WIB
loading...
Terbongkar, Orang-orang Super Kaya AS ‘Hampir’ Tak Bayar Pajak Penghasilan
Jeff Bezos, Elon Musk dan Warren Buffett. Foto/bbc
A A A
NEW YORK - Laporan mengejutkan dari portal investigasi ProPublica mengungkap rincian yang mengklaim betapa sedikit pajak penghasilan yang dibayarkan para miliarder Amerika Serikat (AS).

ProPublica mengatakan telah melihat laporan pajak dari beberapa orang terkaya di dunia, termasuk Jeff Bezos, Elon Musk dan Warren Buffett.

Portal berita tersebut menuduh Bezos dari Amazon tidak membayar pajak pada 2007 dan 2011, sementara Musk dari Tesla tidak membayar apa pun pada 2018.



Seorang juru bicara Gedung Putih menyebut kebocoran itu "ilegal", dan FBI serta otoritas pajak sedang menyelidikinya.



ProPublica mengatakan sedang menganalisis apa yang disebutnya "harta besar data Internal Revenue Service" tentang pajak para miliarder, dan akan merilis rincian lebih lanjut selama beberapa pekan mendatang.



Sementara BBC belum dapat mengkonfirmasi klaim tersebut, dugaan kebocoran muncul pada saat perdebatan yang berkembang tentang jumlah pajak yang dibayarkan oleh para orang kaya dan ketidaksetaraan yang makin melebar.

ProPublica mengatakan 25 orang Amerika terkaya membayar pajak lebih sedikit, rata-rata 15,8% dari pendapatan kotor yang disesuaikan, daripada kebanyakan pekerja AS umumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)