Tiga Senator AS Kunjungi Taiwan dengan Pesawat Militer, Media China: Provokasi Berisiko

Senin, 07 Juni 2021 - 09:56 WIB
loading...
A A A
Pejabat Taiwan dan anggota mayoritas Partai Progresif Demokratik (DPP) memuji kunjungan bipartisan hari Minggu oleh tiga senator AS. Tetapi The Global Times mengecam penggunaan pesawat militer Amerika dan mengatakan itu menunjukkan kerjasama militer dan pertukaran antara AS dan pulau itu.

Outlet media yang dikelola negara itu juga menuduh Amerika secara diam-diam mengirimkan pasokan militer bersama dengan vaksin COVID-19.

"Kita seharusnya tidak membiarkan taktik pemotongan salami AS-Taiwan mendapatkan terobosan karena jika tidak, mereka akan menjadi lebih berani dan mengintensifkan provokasi mereka di masa depan," tulis dewan redaksi media itu dalam editorial yang pedas.

"China harus menarik garis merah yang lebih jelas pada pertanyaan Taiwan. Politisi dan pejabat asing yang telah melewati batas seharusnya tidak diizinkan masuk ke China, dan perusahaan China tidak diizinkan untuk berurusan dengan mereka," lanjut media itu mengutip para pakar Beijing.

Menteri Luar Negeri Taiwan Jaushieh Joseph Wu men-tweet hari Minggu tentang kunjungan "hubungan bilateral" oleh tiga senator AS. "Saya merasa terhormat untuk menerima Senator Duckworth, Sullivan dan Coons. Mereka datang untuk mengumumkan donasi vaksin yang besar yang memperkuat respons COVID-19 kami dan untuk menunjukkan dukungan tak tergoyahkan untuk Taiwan dalam menghadapi ancaman China. Kami berdiri bersama sesama negara demokrasi dalam memerangi otoritarianisme," tulis dia seperti dikutip Newsweek, Senin (7/6/2021).
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)