Tiga Senator AS Kunjungi Taiwan dengan Pesawat Militer, Media China: Provokasi Berisiko

loading...
Tiga Senator AS Kunjungi Taiwan dengan Pesawat Militer, Media China: Provokasi Berisiko
Pesawat militer C-17 membawa tiga senator Amerika Serikat mendarat di Bandara Songshan, Taiwan, Minggu (6/6/2021). Foto/Central News Agency/Pool via REUTERS
BEIJING - Tiga senator Amerika Serikat (AS) mengunjungi Taiwan dengan pesawat militer pada hari Minggu. Media pemerintah China menyebut kunjungan itu sebagai provokasi berisiko.

The Global Times, salah satu corong pemerintah Komunis di Beijing, menerbitkan beberapa artikel pedas yang mengejek Senator Tammy Duckworth, Chris Coons, dan Dan Sullivan karena mengunjungi Taiwan.

Baca juga: Israel Siapkan Jet-jet Tempur Siluman F-35 untuk Serang Iran

Kunjungan itu bertujuan untuk memasok vaksin COVID-19 karena Taiwan menolak bantuan China.

Beijing secara kontroversial masih memandang Taiwan sebagai bagian dari Republik Rakyat China, dan corong Partai Komunis China mengatakan para senator AS melenturkan kekuatan militer Amerika melalui "taktik pengiris salami".

The Global Times mengatakan kemungkinan China akan merespons dengan aksi militer jika AS terus meningkatkan ketegangan lintas-Selat Taiwan.



Artikel media itu secara khusus mengeluh bahwa para senator Amerika seharusnya tidak mendarat di Bandara Songshan Minggu pagi dengan pesawat militer C-17.

Mengutip beberapa akademisi China, The Global Timesmengatakan pemerintahan Joe Biden terus menguji garis merah China dengan secara bertahap melubangi kebijakan satu-China.

Menurut artikel media tersebut, Amerika dan pejabat Taiwan yang mencari kemerdekaan menggunakan kedok "hubungan diplomatik" untuk mendorong pemikiran "pemisahan diri".
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top