Pulihkan Sistem Rudal Iron Dome, Israel Minta Rp14,2 Triliun ke AS

Kamis, 03 Juni 2021 - 11:07 WIB
loading...
A A A
Kubu legislator progresif di Parlemen dan Senat AS saat ini berusaha untuk memblokir kesepakatan senjata senilai USD735 juta dengan Israel, yang disetujui Gedung Putih sesaat sebelum pertempuran dimulai pada 10 Mei 2021.

Namun demikian, dukungan untuk Israel tetap kuat di antara mayoritas legislator AS, dan upaya untuk memblokir itu semua pasti akan gagal.

Graham mencatat bahwa dukungan meluas melintasi garis partai politik di Amerika.

“Ada keributan besar atas keterlibatan terakhir antara Hamas dan Negara Israel di Amerika Serikat, tetapi saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa ada dukungan yang luas dan mendalam untuk Israel di antara Partai Demokrat,” kata Graham, yang merupakan politisi Partai Republik, seperti dikutip Al Jazeera.

Graham yang merupakan politisi senior Partai Republik di Komite Alokasi Senat, bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz selama perjalanannya ke Israel. Komitenya mengawasi pengeluaran bantuan Amerika termasuk bantuan militer untuk asing.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Israel mengatakan Gantz akan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada Kamis untuk membahas sejumlah masalah termasuk Iran dan bantuan militer.

Presiden Amerika Joe Biden sebelumnya mengatakan dia akan replenish Iron Dome, yang membantu Israel menangkis sebagian besar dari lebih dari 4.300 roket yang dikatakan Israel ditembakkan dari Gaza selama konflik.

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken juga menegaskan kembali dukungan Amerika untuk Israel selama perjalanan ke Timur Tengah pekan lalu, yang dimaksudkan untuk mendukung gencatan senjata Israel-Hamas yang dicapai pada 21 Mei 2021.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)