'Blusukan Diplomasi', Terobosan Program ala Dubes RI di Inggris

Minggu, 30 Mei 2021 - 19:26 WIB
loading...
Blusukan Diplomasi, Terobosan Program ala Dubes RI di Inggris
Dalam rangka memastikan bentuk negara hadir Dubes RI di London, Desra Percaya menyapa warga Indonesia yang tinggal di Oxford, Liverpool dan Manchester. Foto/KBRI London
A A A
LONDON - Di masa pandemi Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di London, Inggris memastikan untuk selalu hadirmemberikan perlindungan dan pelayanan. Selain itu, untuk menjaga semangat dan kesehatan mental bagi warga Indonesia yang dalam kesehariannya terdampak oleh pandemi Covid-19.

Selain itu, KBRI London juga secara aktif menyemangati warga untuk bersinergi dengan upaya diplomasi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Dalam rangka memastikan bentuk negara hadir di tengah warga, Duta Besar Indonesia di London, Desra Percaya hadir langsung menyapa warga Indonesia yang tinggal di Oxford, Liverpooldan Manchester.

Kegiatan pertemuan dengan masyarakat Indonesia secara berkala dilakukan oleh KBRI London untuk menghadirkan diplomasi yang membumi.

“Diplomat adalah pelayan WNI. Saya memastikan KBRI London terus hadir untuk melayani dan melindungi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia,” ucap Desra, seperti dikutip dari siaran pers KBRI London yang diterima Sindonews pada Minggu (30/5/2021).

“Diplomat adalah pelayan WNI. Saya memastikan KBRI London terus hadir untuk melayani dan melindungi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia,” ungkap Dubes Desra.

Desra mengungkapkan kesempatan pertemuan dengan warga selalu dimanfaatkan untuk menjaring masukan guna meningkatkan layanan publik. “Selain itu, saya dan tim terus memberikan semangat agar para diaspora terus mencintai dan membangun tanah air, meski jauh di rantau.”

Puluhan masyarakat Indonesia, yang terdiri dari unsur diaspora, mahasiswa, profesional, hingga ilmuwan. Mereka yang hadir, turutberbagi saran, ide, maupun masukan bagi peningkatan pelayanan KBRI London dan kerja sama dalam mempromosikan profil Indonesia.

Sementara itu, di Manchester, Desra dan tim KBRI London juga menyelenggarakan program pelayanan jemput bola keimigrasian dan kekonsuleran bagi WNI.

Pelayanan diberikan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat sesuai peraturan pemerintah setempat. Lebih dari 70 WNI telah mendapatkan pelayanan dalam jemput bola kali ini.

Layanan jemput bola sendiri merupakan inisiatif KBRI London untuk menjangkau kebutuhan kekonsuleran warga, seperti perpanjangan paspor, khususnya di lokasi di mana WNI terkendala untuk hadir langsung di London karena peraturan pembatasan perjalanan akibat pandemi.

Dalam dua bukan terakhir, KBRI London telah melakukan pelayanan jemput bola di Dublin, Edinburgh, Cardiff, Exeter dan Manchester.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)