Ribuan Migran Berenang dari Maroko ke Spanyol

Rabu, 19 Mei 2021 - 00:32 WIB
loading...
A A A
Palang Merah telah membantu para migran dengan pakaian kering, selimut, dan makanan di pantai Tarajal. Juru bicara badan amal itu, Isabel Brasero, mengatakan kepada TVE Spanyol bahwa para migran termasuk bayi, dan sejauh ini semua yang melakukan perjalanan di sekitar pemecah gelombang tampaknya dalam keadaan sehat.

Dia menambahkan bahwa para migran mungkin terbantu oleh cuaca yang mendukung dan jarak berenang yang pendek.

Sementara itu Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan pada hari Selasa bahwa dia akan melakukan perjalanan ke kedua kantong negaranya di pantai utara Maroko: Ceuta dan kota Melilla, yang terletak lebih jauh ke timur.

Sanchez berjanji untuk "memulihkan pesanan," dan mengatakan Spanyol akan mengembalikan "segera" semua orang yang masuk secara ilegal, sebagaimana diizinkan oleh perjanjian yang ada antara Spanyol dan Maroko.

"Memang, sekitar 2.700 orang telah dikembalikan ke Maroko," ujar Menteri Dalam Negeri Spanyol Fernando Grande-Marlaska kepada stasiun TV Spanyol pada hari Selasa.



Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya memperkuat kontingen polisi di Ceuta. Kementerian itu menambahkan bahwa Spanyol dan Maroko baru-baru ini sepakat bahwa orang Maroko yang berenang ke Spanyol akan kembali ke Maroko melalui salah satu penyeberangan perbatasan darat.

Perbatasan darat beberapa mil antara Ceuta dan Maroko memiliki pagar yang tinggi. Ini adalah titik hospot bagi migrasi orang Afrika sub-Sahara yang mencoba memasuki Spanyol, dan Uni Eropa, dalam kelompok.

Ylva Johansson, Komisaris Uni Eropa untuk Urusan Dalam Negeri, menulis di Twitter bahwa ia mengkhawatirkan begitu banyak orang, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak, membahayakan hidup mereka dengan berenang ke Ceuta.

"Yang paling penting sekarang adalah Maroko terus berkomitmen untuk mencegah keberangkatan yang tidak teratur dan mereka yang tidak memiliki hak untuk tinggal akan dikembalikan dengan tertib dan efektif," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)