Gara-gara Cerai, Terungkap Bill Gates Pemilik Lahan Pertanian Terbesar di AS

loading...
Gara-gara Cerai, Terungkap Bill Gates Pemilik Lahan Pertanian Terbesar di AS
Bill Gates dan Melinda Gates, pasangan miliarder Amerika Serikat yang memilih bercerai setelah 27 tahun menikah. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Perceraian salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dari istrinya; Melinda, dapat merusak posisinya yang relatif tidak diketahui sebagai pemilik lahan pertanian terbesar di Amerika Serikat (AS).

Selama ini Bill Gates menghasilkan kekayaan USD130 miliar melalui teknologi, namun ternyata dia juga memiliki hampir 270.000hektare (422 mil persegi) tanah di lebih dari selusin negara bagian. Data kepemilikan lahan itu terungkap dalam investigasi bulan Januari oleh majalah The Land Report.

Baca juga: Kisah Lengkap Bill Gates-Melinda: Percintaan, Cerai, dan Total Uang Mereka



Luasnya lahan pertanian itu sebagian besar merupakan investasi yang tersembunyi.

Menurut laporan investigasi tersebut, sebagian besar—sekitar 242.000 hektare (378 mil persegi)—adalah tanah pertanian, setidaknya 50.000 hektare lebih banyak dari keluarga dengan kepemilikan terbesar berikutnya.

“Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, memiliki alter ego: Farmer Bill, orang yang memiliki lebih banyak lahan pertanian daripada siapa pun di Amerika,” tulis editor majalah tersebut, Eric O’Keefe, yang dilansir New York Post, Kamis (6/5/2021).

Tanah itu sekarang kemungkinan menjadi bagian dari kesepakatan perceraian untuk pasangan itu, yang mengakui dalam pengajuan bahwa mereka tidak memiliki perjanjian pranikah untuk 27 tahun pernikahan tersebut.

Laporan itu mengatakan portofolio lahan pertanian yang luas dikelola oleh Michael Larson, yang juga menjaga portofolio pribadi Gates dan portofolio untuk Bill and Melinda Gates Foundation setidaknya selama 25 tahun.

Mereka, lanjut laporan itu, memiliki lebih dari 16.000 hektare di negara bagian asal mereka di Washington, tetapi investasi terbesar mereka ada di Louisiana, di mana mereka memiliki 69.071 hektare (108 mil persegi).

Mereka juga memiliki hampir 48.000 hektare di Arkansas, sekitar 25.750 hektare di Arizona dan lebih dari 20.000 hektare di Nebraska.
Gara-gara Cerai, Terungkap Bill Gates Pemilik Lahan Pertanian Terbesar di AS

Lahan pertanian Bill dan Melinda Gates sebagian besar merupakan investasi tersembunyi sampai perpisahan mereka diketahui publik.



Keluarga Gates sebelumnya berbagi minat dalam pertanian ketika yayasan mereka tahun lalu meluncurkan Lembaga Penelitian Pertanian Nirlaba, yang dikenal sebagai Gates Ag One dan berbasis di wilayah St. Louis yang lebih besar.

Baca juga: Indonesia Kerahkan 'Pasukan Setan', Benny Wenda 'Merengek' pada Dunia

Selain tanah pertanian, mantan pasangan ini diketahui telah membeli "saham signifikan" pada tahun 2017 di lahan transisi seluas 24.800 hektare di tepi barat Phoenix yang telah dialokasikan untuk "kota metropolis baru" dengan hingga 80.000 rumah.

Larson, menurut The Land Report, melakukan investasi melalui Cascade Investment LLC, yang menolak berkomentar tentang kepemilikan Gates.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top