Pentagon: Tidak Ada Rencana Tembak Jatuh Roket China yang Terjun Bebas

Kamis, 06 Mei 2021 - 09:28 WIB
loading...
Pentagon: Tidak Ada Rencana Tembak Jatuh Roket China yang Terjun Bebas
Pentagon mengatakan tidak ada rencana untuk menembak jatuh roket China yang tidak terkendali jatuh ke Bumi. Foto/Business Insider
A A A
WASHINGTON - Juru bicara Pentagon , John Kirby mengatakan, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin sedang memantau roket China yang jatuh bebas dan dapat menghantam Bumi akhir pekan ini. Meski begitu ia belum mengembangkan opsi untuk menghancurkan roket tersebut jika diproyeksikan menghantam daratan.

Bagian setinggi 100 kaki dari roket Long March 5B milik China diperkirakan akan jatuh ke Bumi sekitar tanggal 8 Mei.

"Terlalu dini untuk mengeksplorasi opsi tentang apa, jika ada, yang dapat dilakukan tentang hal ini sampai kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dari mana ia datang. turun,” kata Kirby.

"Menteri tahu dan dia tahu bahwa Komando Luar Angkasa sedang melacaknya," imbuhnya Kirby seperti dikutip dari Defense One, Kamis (6/5/2021).



Ditanya apakah Menteri Pertahanan telah mengembangkan rencana untuk menyerang puing-puing roket dan memecahnya menjadi potongan-potongan kecil, atau dengan cepat memberi tahu sekutu setelah lintasannya diketahui, Kirby mengatakan masih terlalu dini untuk mengambil tindakan itu.

"Ini juga terlalu dini untuk mengeksplorasi opsi tentang apa, jika ada, yang dapat dilakukan tentang ini sampai kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang di mana itu akan turun," kata Kirby, membenarkan pernyataan sebelumnya dari Komando Luar Angkasa bahwa pemberitahuan didapatkan hanya beberapa jam setelah menentukan lintasan kembalinya roket.

"Saya tidak ingin berhipotesis atau berspekulasi tentang kemungkinan tindakan yang mungkin dilakukan atau tidak dilakukan departemen di sini. Kami melacaknya, kami mengikutinya sedekat mungkin. Sedikit terlalu dini untuk mengetahui kemana arahnya pergi atau apa, jika ada, yang bisa dilakukan tentang itu," ia menambahkan seperti dikutip dari US News.



Sebelumnya Komando Luar Angkasa AS dalam sebuah pernyataan mengatakan titik pasti dari masuknya roket China ke atmosfer Bumi tidak dapat diketahui sampai beberapa jam setelah masuk kembali. Situasi ini menimbulkan pertanyaan apakah tidak akan terlambat mengambil keputusan untuk melakukan evakuasi jika nantinya roket tersebut jatuh di wilayah berpenduduk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)