China Terkejut, Tak Bisa Setop Bahas Perceraian Bill Gates dan Melinda

Kamis, 06 Mei 2021 - 01:01 WIB
loading...
China Terkejut, Tak Bisa Setop Bahas Perceraian Bill Gates dan Melinda
Bill Gates dan Melinda Gates. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates telah mengirimkan gelombang kejutan ke China . Pendiri Microsoft itu telah mencapai tingkat ketenaran yang tinggi di China, dibandingkan pengusaha Barat lainnya.

Tagar "perceraian Bill Gates" telah menghasilkan lebih dari 830 juta view dan 66.000 postingan diskusi di platform mirip Twitter di China, Weibo hingga Rabu.

Jumlah tersebut jauh melampaui 91 juta view saat Pendiri Amazon Jeff Bezos dan MacKenzie Scott bercerai pada 2019 .

Baca juga: Mengejutkan, Bill Gates dan Melinda Bercerai setelah 27 Tahun Menikah

Pengguna Weibo mencemaskan segalanya, mulai dari bagaimana pasangan itu akan membagi kekayaan mereka yang sangat besar hingga apakah perceraian itu akan memengaruhi Microsoft atau yayasan amal mereka.

Baca juga: Bill Gates dan Melinda Cerai: Bagaimana Harta Gono Gini Rp2.529 Triliun Dibagi?

Melalui organisasi filantropis mereka, pasangan ini telah menghabiskan USD53,8 miliar untuk kesehatan global, pengentasan kemiskinan, dan inisiatif lainnya.

Baca juga: Kisah Lengkap Bill Gates-Melinda: Percintaan, Cerai dan Total Uang Mereka

Bill Gates memiliki kekayaan sekitar USD146 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, dan pasangan itu telah berjanji memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

"Anda dan Melinda telah memberikan kontribusi besar kepada orang-orang di seluruh dunia. Bahkan jika Anda tidak bergandengan tangan di masa depan, saya berharap yayasan Anda masih dapat melanjutkan dan membantu lebih banyak orang," tulis salah satu pengguna Weibo, menanggapi posting di Akun Weibo resmi Bill Gates yang mengumumkan perceraian dalam bahasa China.

Sementara Bill Gates tidak lagi menjalankan Microsoft, perusahaan tersebut telah menghabiskan beberapa dekade membangun niat baik dengan China.

Produk-produk Microsoft memiliki kehadiran yang cukup besar di China, bahkan ketika perusahaan teknologi Barat lainnya telah ditutup.

Meskipun Facebook diblokir, misalnya, LinkedIn Microsoft tetap menjadi salah satu dari sedikit alat media sosial Barat yang tersedia di sana. Mesin pencari Bing juga beroperasi, sementara Google telah terputus selama bertahun-tahun.

Kerhasilan bisnis kemungkinan besar berkontribusi pada popularitas pribadi Bill Gates. Dia sekarang memiliki lebih dari 4,1 juta pengikut di Weibo, melebihi jumlah 1,7 juta CEO Tesla Elon Musk dan 1,4 juta CEO Apple Tim Cook.

Bahkan tokoh-tokoh teknologi terkemuka di China bergabung dalam percakapan di Weibo: Kai-fu Lee - mantan kepala Google China, yang membantu mendirikan Microsoft Research Lab Asia, jaringan yang sangat berpengaruh di China, mengatakan sulit baginya untuk percaya berita perceraian itu.

Berbasis di Beijing, Microsoft Research Lab Asia telah mengembangkan banyak talenta teknologi China, termasuk pendiri Bytedance Zhang Yiming, kepala teknologi Alibaba Wang Jian dan mantan presiden Baidu Zhang Yaqin.

“Bill dan Melinda adalah pasangan paling penuh kasih sayang yang pernah saya lihat di antara pengusaha selebriti," tulis Lee dalam posting Weibo.

Bill and Melinda Gates Foundation mendirikan kantornya di Beijing pada 2007 dan sejak itu bekerja dengan pemerintah China pada beberapa proyek domestik di negara itu, mulai dari intervensi HIV hingga pengentasan kemiskinan.

Bill Gates sendiri telah mengunjungi China lebih dari selusin kali sejak 1990-an dan membina hubungan persahabatan dengan para pemimpin puncak.

Dia disambut mantan Presiden China Jiang Zemin pada Maret 1994, tepat sebelum China secara resmi memperoleh akses ke Internet.

Saat itu, China sangat ingin membuka ekonominya dan mengejar ketertinggalan teknologi Barat.

Perjalanan itu, di mana Gates berjanji kepada Jiang bahwa Microsoft akan membantu China mengembangkan industri perangkat lunaknya, membantu Microsoft mempercepat ekspansinya di pasar China.

Pada 2006, Gates menjamu mantan Presiden China Hu Jintao untuk makan malam di rumahnya di negara bagian Washington.

Dan tahun lalu, Presiden China Xi Jinping menulis kepada Gates untuk berterima kasih atas dukungannya dalam memerangi Covid-19.

Gates bahkan dielu-elukan sebagai "teman lama rakyat China" oleh Partai Komunis China yang berkuasa pada 2018, gelar yang kadang digunakan Partai untuk orang asing yang diakui memiliki persahabatan yang dalam.

Sementara itu, di media sosial, beberapa netizen China yang putus asa bahkan berkomentar bahwa perceraian itu telah mengguncang keyakinan mereka tentang pernikahan. Pasangan itu telah menikah selama 27 tahun.

"Bahkan Anda sudah bercerai," tulis seseorang, menanggapi Bill Gates di Weibo. "Bagaimana kita bisa memiliki harapan untuk menikah?"
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2652 seconds (11.210#12.26)