WHO: India 'Sumbang' Separuh dari Total Kasus Harian Covid-19 Dunia

Rabu, 05 Mei 2021 - 18:32 WIB
loading...
WHO: India Sumbang Separuh dari Total Kasus Harian Covid-19 Dunia
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan bahwa India menyumbang 46% dari kasus Covid-19 baru yang tercatat di seluruh dunia minggu lalu. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan bahwa India menyumbang 46 persen dari kasus Covid-19 baru yang tercatat di seluruh dunia minggu lalu. Selain itu, India juga mencatatkan satu dari empat kematian akibat Covid-19.

Lonjakan virus Corona di India, termasuk varian baru yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di sana, telah menyebabkan rumah sakit kehabisan tempat tidur dan oksigen.

Selain itu, kamar mayat dan krematorium juga sudah kehabisan tempat. Banyak orang meninggal di ambulans dan tempat parkir mobil menunggu tempat tidur atau oksigen.

"Di seluruh dunia, 5,7 juta kasus baru dilaporkan minggu lalu dan lebih dari 93 ribu kematian," kata WHO dalam laporan epidemiologi mingguannya, seperti dilansir Reuters pada Rabu (5/5/2021).

India, papar laporan WHO itu, melaporkan hampir 2,6 juta kasus baru, peningkatan 20 persen pada minggu sebelumnya dan 23.231 kematian.

Angka-angka tersebut didasarkan pada penghitungan resmi, sehingga proporsi India bisa lebih besar jika, seperti yang diyakini banyak ahli, sejumlah besar kasus dan kematian tidak dicatat di sana karena sistem sudah kewalahan. India sendiri diketahui menyumbang hampir 18 persen dari populasi dunia.

Kemarin, India menjadi negara kedua yang mencatat 20 juta kasus infeksi Covid-19, setelah Amerika Serikat.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan India, kematian akibat virus Corona India naik dengan rekor 3.780 selama 24 jam terakhir, dengan infeksi harian meningkat menjadi 382.315 kasus pada hari ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)