Polisi Israel Lecehkan Umat Kristen Palestina di Dekat Gereja Makam Suci

loading...
Polisi Israel Lecehkan Umat Kristen Palestina di Dekat Gereja Makam Suci
Umat Kristen Palestina menyalakan lilin di sekitar Edicule yang diyakini tempat pemakaman Yesus saat upacara Api Suci di Gereja Makam Suci, Yerusalem, 1 Mei 2021. Foto/REUTERS
YERUSALEM - Yordania mengutuk polisi Israel yang melecehkan umat Kristen Palestina yang mencoba masuk Gereja Makam Suci di kota Yerusalem untuk mengikuti perayaan Malam Paskah.

"Kerajaan Yordania mengutuk dan menentang polisi Israel yang menghalangi kedatangan umat Kristiani ke Gereja Makam Suci untuk berpartisipasi dalam perayaan Sabtu Suci, dan menyerang sejumlah orang dari mereka," papar bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Yordania Dhaifallah Al-Fayez.

Al-Fayez meminta otoritas Israel di kota Yerusalem Timur menghormati status quo sejarah dan hukum di kota tersebut dan tidak menghalangi praktik ritual keagamaan sesuai dengan hukum internasional.

Baca juga: Gereja di Barcelona Jadi Lokasi Ibadah Umat Muslim Selama Ramadan

Dia juga menuntut Israel, “Untuk berhenti mengganggu warga Yerusalem, apakah mereka yang ingin mencapai Masjid Al-Aqsa, terutama di bulan Ramadhan yang diberkati, atau mencapai gereja-gereja di Yerusalem."



Baca juga: Taiwan Dapat Bantu Membangun Sistem Kesehatan Global Yang Lebih Tangguh dan Inklusif

Al-Fayez menyerukan kepada komunitas internasional untuk, "Mengemban tanggung jawabnya dalam menekan Israel agar menghentikan pelanggaran yang terus-menerus di Yerusalem."

Baca juga: PBB Kecam Keras Penembakan Ulama Ternama saat Salat di Masjid Kongo

Sebelumnya pada Sabtu, polisi Israel menyerang puluhan orang Kristen, termasuk para biarawan, yang mencoba mencapai Gereja Makam Suci untuk berpartisipasi dalam perayaan Paskah.
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top