Kapal Garda Revolusi Iran Keroyok Kapal Penjaga Pantai AS di Teluk Persia

Selasa, 27 April 2021 - 15:28 WIB
loading...
Kapal Garda Revolusi Iran Keroyok Kapal Penjaga Pantai AS di Teluk Persia
Kapal Garda Revolusi Iran mengganggu kapal penjaga pantai AS di Teluk Persia. Foto/Business Insider
A A A
WASHINGTON - Kapal Garda Revolusi Iran (IRGC) dilaporkan telah mengganggu kapal Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia pada awal bulan ini. Bentrokan pertama dalam setahun ini dilaporkan Wall Street Journal (WSJ).

Pejabat Angkatan Laut AS mengkonfirmasi kepada surat kabar itu bahwa tiga kapal serang cepat dan satu kapal pendukung yang dikenal sebagai Harth 55 mengerumuni dua kapal Penjaga Pantai saat mereka berpatroli di perairan internasional di bagian selatan Teluk Persia.

Para pejabat dilaporkan mengatakan kapal yang lebih besar berulang kali menyeberang di depan haluan kapal Monomoy dan Wrangell, mendekati jarak 64 meter. Menurut laporan tersebut, hal ini mendorong Wrangell melakukan manuver defensif untuk mencegah tabrakan.

Saat kapal-kapal Iran mulai mengganggu mereka, awak kapal Amerika memberikan beberapa peringatan selama rentang tiga jam. Menurut Cmdr. Rebecca Rebarich, juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut, yang mengawasi daerah tersebut, awak Harth 55 menanggapi pertanyaan radio bridge-to-bridge, tetapi kapal tetap melanjutkan manuver berbahaya.



Insiden yang belum diungkapkan secara resmi itu terjadi pada 2 April ketika Amerika Serikat dan Iran sedang melakukan negosiasi tidak langsung untuk dimulainya kembali perjanjian nuklir 2015 seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (27/4/2021).

Hubungan bilateral AS-Iran jatuh ke dalam ketegangan baru di tengah prospek yang kabur untuk proses negosiasi program nuklir Iran, menyusul penarikan AS dari kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015 pada 2018. Keputusan untuk menarik diri dari perjanjian tersebut dan memberlakukan sanksi luas terhadap Iran mendorong Teheran untuk melanjutkan pengayaan uranium di fasilitas nuklirnya.

JCPOA kembali ke meja perundingan, dengan kelompok-kelompok kerja yang memelopori upaya diplomatik untuk menghidupkan kembali perjanjian yang terkepung sekarang karena Administrasi Biden-Harris bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri AS.

Terlepas dari kemajuan baru-baru ini, para diplomat senior memperingatkan bahwa pembicaraan keras selama berminggu-minggu mengenai kesepakatan nuklir masih ada di depan, dan kemajuan itu masih genting. Selama konferensi pers pekan lalu, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa jika penyelesaian tercapai, pemerintahan Biden akan dengan cepat mencabut sanksi terhadap Iran, tetapi tidak akan mempercepat pembicaraan dengan risiko kesepakatan yang solid.



Pekan lalu, Iran memberi tahu AS bahwa mereka yakin bahwa Washington harus memperluas daftar sanksi yang siap dicabut dalam negosiasi untuk memulihkan kesepakatan nuklir, perwakilan permanen Rusia untuk organisasi internasional di Wina mengatakan kepada Sputnik. Pemerintah AS, di sisi lain, tidak mau mempertimbangkan kesepakatan untuk memasukkan kembali kesepakatan nuklir dengan Iran jika itu membutuhkan AS untuk mencabut sanksi dan mematuhi JCPOA sebelum Iran harus mengambil langkahnya sendiri, menurut laporan pejabat tersebut.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)