Geger Rekaman Zarif Ungkap Rebutan Kekuasaan Iran, IRGC Lebih Berkuasa

Selasa, 27 April 2021 - 11:32 WIB
loading...
A A A
Zarif melanjutkan, pada malam ketika Iran memutuskan untuk membalas Amerika Serikat atas pembunuhan Soleimani, dua komandan Pasukan Quds pergi menemui Perdana Menteri Irak, Adel Abdul Mahdi, untuk memberi tahu dia bahwa dalam waktu sekitar 45 menit Iran akan menembakkan rudal ke pangkalan militer tempat pasukan AS ditempatkan.

Amerika tahu tentang serangan itu sebelum Iran melakukannya.

Zarif juga mengungkap bahwa mantan Menteri Luar Negeri John Kerry memberitahunya bahwa Israel telah menyerang kepentingan Iran di Suriah setidaknya 200 kali, yang membuatnya heran.

Dia lantas menunjuk pada pembantahan IRGC yang menembak jatuh pesawat sipil Ukraina di Iran yang menewaskan 176 penumpang pada pagi hari setelah Iran menyerang pangkalan udara di Irak.

IRGC segera tahu bahwa rudal mereka telah menghantam pesawat itu, tetapi baru mengakuinya tiga hari kemudian.

Segera setelah pesawat itu jatuh, Zarif menghadiri pertemuan kecil dewan keamanan nasional dengan dua komandan militer tertinggi, dan mengatakan dunia menuntut penjelasan. Para komandan, kata dia, menyerangnya dan menyuruhnya mengirimkan tweet yang mengatakan berita itu tidak benar.

“Saya berkata, 'Jika terkena rudal, beri tahu kami sehingga kami dapat melihat bagaimana kami dapat mengatasinya'," kenang Zarif. “Tuhan adalah saksi saya, cara mereka bereaksi terhadap saya seolah-olah saya telah menyangkal keberadaan Tuhan.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)