RI Terima Gelombang Kedua Vaksin AstraZeneca dari Covax

Senin, 26 April 2021 - 21:46 WIB
loading...
RI Terima Gelombang Kedua Vaksin AstraZeneca dari Covax
Menlu RI, Retno Marsudi menerima batch kedua vaksin dari jalur multilateral, yaitu dari COVAX facility, berupa vaksin jadi AstraZeneca, sebesar 3.852.000 dosis. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menerima batch kedua vaksin dari jalur multilateral, yaitu dari COVAX facility, berupa vaksin jadi AstraZeneca. Indonesia, jelasnya, menerima sebesar 3.852.000 dosis vaksin.

Retno menuturkan, dengan kedatangan batch kedua ini maka Indonesia telah menerima vaksin AstraZeneca dari COVAX facility sebesar 4.965.600 dosis vaksin jadi secara gratis. Jika digabungkan, vaksin dari jalur multilateral dan dari jalur bilateral maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah berjumlah 67.465.600 dosis.

"Dari sejak awal pandemi dan sampai sekarang, pemerintah Indonesia mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri, sambil terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara," ucap Retno pada Senin (26/4/2021).

"Untuk itulah, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia. Indonesia duduk sebagai salah satu co-chairs dalam Covax AMC Engagement Group. Kita prihatin menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara dunia serta ditemukannya varian-varian baru di beberapa negara," sambungnya.

Dia menuturkan, Indonesia juga melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat,dan di sana-sini terlihat perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia.

Keadaan baru ini, jelasnya, mengharuskan Indonesia bekerja lebih keras agar ketersediaan vaksin yang aman bagi rakyat Indonesia dapat tercukupi.

"Siang dan malam kita terus berupaya agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan. Siang dan malam, kita terus melakukan diplomasi agar kebutuhan vaksin kita tercukupi," ujarnya.

"Karena kegigihan ini, maka Indonesia sejauh ini merupakan negara ketiga dengan jumlah pemberian vaksinasi terbesar di kawasan Asia, setelah China dan India. Program vaksinasi harus terus kita dukung dan jalankan. Ini tentunya bukan sebuah ikhtiar yang mudah dan ikhtiar ini akan terus kita lakukan," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)