Insiden KRI Nanggala-402 dan Tragedi Kapal Selam Kursk yang Lebih Mengerikan

Sabtu, 24 April 2021 - 13:06 WIB
loading...
Insiden KRI Nanggala-402 dan Tragedi Kapal Selam Kursk yang Lebih Mengerikan
Kapal selam bertenaga nuklir Kursk Angkatan Laut Rusia. Foto/TASS
A A A
JAKARTA - Kapal selam KRI Nanggala-402 Angkatan Laut Indonesia bersama 53 awaknya belum ditemukan sejak hilang kontak di perairan Bali, Rabu lalu. Insiden ini mengingatkan tragedi kapal selam Kursk Rusia yang jauh lebih mengerikan.

Kursk adalah kapal selam kelas Oscar, dengan panjang lebih dari 500 kaki dan dipersenjatai dengan rudal jelajah yang dirancang untuk melumpuhkan kelompok kapal induk.



Saking tragisnya, tragedi Kursk bahkan diabadikan dalam buku berjudul "A Time to Die: The Untold Story of the Kursk Tragedy".

Kisahnya dimulai saat latihan Angkatan Laut Rusia di Laut Barents yang dingin pada 12 Agustus 2000. Dua ledakan merobek kapal selam Kursk, dan kapal selam raksasa itu dengan cepat tenggelam ke dasar laut lebih dari 350 kaki.

Jurnalis Inggris Robert Moore, yang memenangkan penghargaan karena liputannya soal runtuhnya bekas Uni Soviet untuk jaringan televisi ITN, memberi tahu Robert Siegel dari NPR bahwa tragedi Kursk adalah kecelakaan yang menunggu untuk terjadi.

Dalam buku barunya, "A Time to Die: The Untold Story of the Kursk Tragedy", Moore merinci keputusan buruk dan kecerobohan politik yang menyebabkan kematian 118 pelaut Rusia.

Kursk bukan sembarang kapal selam Rusia. Cepat serta berteknologi siluman dan rumit,, Kursk adalah kebanggaan Angkatan Laut pasca-Soviet yang kekurangan uang.

Angkatan laut Rusia yang berkarat saat ini adalah bayang-bayang kejayaannya ketika Uni Soviet adalah negara adidaya sejati. Misalnya, orang-orang yang bertugas di Kursk kadang-kadang pergi berbulan-bulan tanpa mendapatkan gaji.

Ledakan yang menghancurkan Kursk kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan hidrogen peroksida sebagai propelan torpedo—bahan kimia yang sangat mudah menguap sehingga Angkatan Laut Kerajaan Inggris melarang penggunaannya beberapa dekade sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)