Duduk Satu Meja, Pejabat AS-Rusia Bahas 'Perang' Sanksi

Kamis, 22 April 2021 - 05:11 WIB
loading...
Duduk Satu Meja, Pejabat AS-Rusia Bahas Perang Sanksi
Duduk satu meja, pejabat AS-Rusia bahas perang sanksi. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Para diplomat Amerika Serikat (AS) bertemu dengan para pejabat Rusia untuk membahas serentetan sanksi baru-baru ini antara kedua negara karena pemerintahan Joe Biden terlihat mengambil sikap keras terhadap Moskow.

"Pejabat kedutaan AS di Moskow hari ini bertemu dengan para pejabat Rusia untuk membahas berbagai topik bilateral, termasuk tanggapan Rusia terhadap pengumuman kami pekan lalu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Ned Price pada hari Rabu dalam sebuah briefing.

“Kami berharap diskusi ini akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang. Kami akan meninjau detail tindakan Rusia saat kami diberi tahu secara resmi tentang beberapa elemen hari ini. Pada saat yang sama, kami terus percaya bahwa cara terbaik untuk maju adalah melalui dialog yang bijaksana dan keterlibatan diplomatik ke depan," imbuhnya seperti dikutip dari The Hill, Kamis (22/4/2021).

Price juga mengatakan AS telah menerima daftar resmi diplomat yang diusir Rusia sebagai tanggapan atas hukuman Washington. Namun ia menolak mengunkap identitas diplomat AS yang akan diusir dari Moskow.



Diskusi tersebut muncul ketika pemerintahan Biden terlihat mengambil sikap keras terhadap Rusia. Terbaru membunyikan alarm atas penumpukan militer Rusia di perbatasan Ukraina sejak 2014, tahun ketika Rusia menginvasi dan mencaplok Semenanjung Crimea.

Price menyatakan bahwa AS tetap berkomitmen untuk membela Ukraina dan mencatat bahwa AS akan terus mengirimkan sistem senjata pertahanan yang mematikan ke militer Ukraina.

AS minggu lalu memberikan sanksi terhadap Rusia atas perilaku jahat, termasuk operasi spionase dunia maya, campur tangan pemilu, dan tindakan bermusuhan terhadap Ukraina.

Sanksi tersebut akan memblokir lembaga keuangan AS untuk membeli obligasi dari Bank Sentral Rusia, Dana Kekayaan Nasional, atau Kementerian Keuangan setelah 14 Juni dan meminjamkan dana ke lembaga-lembaga tersebut. AS juga mengusir 10 personel dari misi diplomatik Rusia di Washington.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)