Eks Wapres AS Sekaligus Ikon Liberal Walter Mondale Meninggal

Selasa, 20 April 2021 - 12:50 WIB
loading...
A A A
Senator Amy Klobuchar, sesama politisi Minnesota, berduka atas meninggalnya Mondale, menyebutnya "baik hati dan bermartabat sampai akhir".

"Walter Mondale adalah pegawai negeri sejati dan teman serta mentor saya," katanya di Twitter.

"Dia menetapkan standar tinggi untuk dirinya sendiri dan terus mengoper dan menaikkannya."

Walter Frederick Mondale lahir pada tanggal 5 Jan 1928 di kota kecil Ceylon, Minnesota. Dia merupakan putra seorang pendeta Metodis dan guru musik. Dia pindah ke beberapa kota kecil di bagian selatan negara bagian itu sepanjang masa kecilnya.

Pada usia 20, Mondale menjadi manajer distrik kongres untuk kampanye Senat politisi AS Hubert Humphrey yang sukses. Humphrey kemudian menjadi mentor politik Mondale.

Mondale memulai karier politik nasionalnya pada tahun 1964, ketika ia ditunjuk untuk mengisi kursi Senat Humphrey karena Humphrey menjadi wakil presiden.

Sebagai pendukung hak-hak sipil yang vokal, Mondale mengadvokasi sepanjang karier Senatnya untuk pendidikan, perumahan, hak-hak pekerja migran dan nutrisi anak.

Dia mengajukan diri untuk maju bersaing berebut kursi Gedung Putih pada tahun 1984, berhadapan dengan Ronald Reagan dari Partai Republik. Mondale memilih anggota Parlemen Geraldine Ferraro sebagai pasangannya, menjadikannya calon presiden dari partai besar pertama yang memasukkan seorang wanita ke dalam pertarungan pemilu.

Selama kampanyenya, dia dengan buruk mengatakan kepada para pemilih bahwa dia mengharapkan kenaikan pajak jika dia menang, yang pada akhirnya menentukan hasil pemilu.

Pada Hari Pemilihan, Mondale hanya memenangkan suara di Minnesota dan District of Columbia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)