Mengenal Diaz-Canel, Pemimpin Baru Partai Komunis Kuba Pewaris Castro

Selasa, 20 April 2021 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Raul Castro mengatakan selama bertahun-tahun masa pensiunnya sedang dalam proses.



Tidak seperti kakak laki-lakinya Fidel, yang menjadi kepala negara selama 49 tahun dan berencana untuk tetap menjabat sampai dia meninggal, Raul Castro menerapkan langkah-langkah untuk membatasi presiden Kuba menjadi dua masa jabatan lima tahun dan mengharuskan mereka berusia di bawah 60 tahun pada awal istilah pertama mereka.

Dia akan berusia 90 pada bulan Juni, usia yang sama dengan kakak laki-laki dan mentornya; Fidel Castro, yang meninggal pada 2016.

Setelah penyakit misterius yang memaksa Fidel Castro lengser dari kekuasaan pada tahun 2008, dia terus menulis artikel dan mempertimbangkan setiap kejadian terkini. Sebaliknya, Raul Castro diharapkan tidak menonjolkan diri di masa pensiun.

Sejak mundur dari kursi kepresidenan pada 2018, Raul Castro jarang tampil di depan umum. Selama mereka bersama Miguel Diaz-Canel, dia membiarkan penggantinya yang berbicara.

Dia menghabiskan lebih banyak waktunya di sebuah rumah besar yang dijaga ketat, di lingkungan kelas atas sebelum revolusi Kuba, di kota timur Santiago de Cuba, dekat tempat Fidel Castro dimakamkan.

Ketika CNN mengunjungi Santiago pada tahun 2020, penduduk kota menyebut rumah itu sebagai "punto cero" atau "titik nol", julukan yang sama yang diberikan kepada kediaman kepala negara, tempat Fidel Castro menjalani tahun-tahun terakhirnya di Havana.

Sementara rencana pemakaman untuk Fidel Castro adalah, sebelum kematiannya, menjadi rahasia negara, Raul Castro telah mendirikan sebuah makam atas namanya di samping makam istrinya Vilma Espín, sesama pejuang gerilya yang meninggal pada tahun 2007, dalam panteon untuk kaum revolusioner yang bertarung bersama mereka.

Raul Castro, yang jarang berpidato panjang lebar seperti yang pernah dilakukan kakaknya, memberikan pidato panjang di hari Jumat yang berlangsung lebih dari dua jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0838 seconds (0.1#10.140)