Menlu Turki dan Yunani Bertengkar Saat Konferensi Pers

Sabtu, 17 April 2021 - 16:16 WIB
loading...
Menlu Turki dan Yunani Bertengkar Saat Konferensi Pers
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu (kanan) dan Menlu Yunani Nikos Dendias (kiri) di Ankara, Turki, 15 April 2021. Foto/Anadolu
A A A
ANKARA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Yunani Nikos Dendias dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu bertengkar tentang berbagai masalah saat konferensi pers di Ankara pekan ini.

Mevlut Cavusoglu membuka diskusi dengan komentar yang tampaknya sangat positif yang menyatakan dia percaya perselisihan dengan Yunani dapat diselesaikan melalui dialog yang konstruktif, terutama tentang pengungsi dan masalah Mediterania Timur.

"Adalah kepentingan kami bahwa minoritas di kedua negara hidup damai. Ini akan berdampak positif pada hubungan kita," ungkap Cavusoglu.

Baca juga: Turki Kritik Larangan Kursus-kursus Alquran di Siprus Utara

Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias, bagaimanapun, menggunakan pidato pembukaannya untuk mengoceh tentang serangkaian keluhan lama terkait Turki.

Baca juga: Israel Putus Listrik Pengeras Suara, Sita Makanan Iftar di Masjid Al-Aqsa

Ocehan Menlu Yunani termasuk pencarian gas alam di perairan yang diperebutkan dan perlakuan terhadap minoritas Ortodoks Yunani di Turki, serta perselisihan yang sedang berlangsung tentang para migran.

Lihat Infografis: Ukraina Cemas dengan Manuver Militer Rusia di Perbatasan

"Posisi Yunani jelas dan ini bukan pertama kalinya Anda mendengarnya," ujar Dendias kepada Cavusoglu selama momen panas dalam pertengkaran 35 menit itu.

"Jika Anda menuduh negara dan rakyat saya di depan media, saya harus berada dalam posisi untuk menanggapinya," jawab Cavusoglu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1919 seconds (11.97#12.26)