Raul Castro Mengundurkan Diri Sebagai Ketua Partai Komunis Kuba

Sabtu, 17 April 2021 - 06:08 WIB
loading...
Raul Castro Mengundurkan Diri Sebagai Ketua Partai Komunis Kuba
Raul Castro. Foto/Al Jazeera
A A A
HAVANA - Raul Castro mengkonfirmasi bahwa ia mengundurkan diri sebagai ketua Partai Komunis Kuba . Pengunduran diri Raul mengakhiri era kepemimpinan formal olehnya dan saudaranya, Fidel Castro , yang dimulai sejak revolusi 1959.

Castro yang berusia 89 tahun membuat pengumuman pada hari Jumat dalam pidatonya pada pembukaan kongres kedelapan dari partai yang berkuasa dan satu-satunya yang diizinkan di pulau itu.

“Saya sangat percaya pada kekuatan dan sifat teladan serta pemahaman rekan-rekan saya, dan selama saya hidup, saya akan siap dengan kaki saya di sanggurdi untuk mempertahankan Tanah Air, revolusi dan sosialisme,” kata Castro kepada ratusan delegasi partai yang berkumpul di pusat konvensi di Havana seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (17/4/2021).



Dia berkata bahwa dia pensiun dengan perasaan telah memenuhi misinya dan yakin akan masa depan Kuba.

Castro tidak mengatakan siapa yang akan dia dukung sebagai penggantinya sebagai sekretaris pertama Partai Komunis. Tetapi dia sebelumnya mengindikasikan bahwa dia lebih suka menyerahkan kendali kepada Miguel Diaz-Canel yang berusia 60 tahun, yang menggantikannya sebagai presiden pada tahun 2018 dan merupakan pembawa standar generasi loyalis yang lebih muda yang telah mendorong pembukaan ekonomi tanpa menyentuh satu-sistem partai.

Pensiunnya Raul berarti untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam dekade, orang Kuba tidak akan memiliki Castro yang secara resmi membimbing mereka, dan itu datang pada saat yang sulit, dengan banyak orang di pulau itu cemas tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Pandemi virus Corona baru, reformasi keuangan yang menyakitkan, dan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump telah mengguncang ekonomi, yang menyusut 11% tahun lalu sebagai akibat dari jatuhnya pariwisata dan pengiriman uang. Antrian dan kekurangan pangan yang panjang telah menghidupkan kembali gema dari "periode khusus" yang mengikuti runtuhnya Uni Soviet pada awal 1990-an.



Rasa tidak pusa menyebar di internet dan ketimpangan yang semakin meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)