Ketegangan Militer Rusia-Ukraina, Apa yang Sebenarnya Terjadi

Selasa, 13 April 2021 - 16:00 WIB
loading...
Ketegangan Militer Rusia-Ukraina, Apa yang Sebenarnya Terjadi
Eskalasi terus meningkat di perbatasan Ukraina dengan Rusia. Sebuah video menunjukkan tank dan kendaraan militer di wilayah Voronezh Rusia. Foto/The Guardian
A A A
KIEV - Sejak pertengahan Maret, ada banyak peringatan dari Ukraina dan pemerintah Barat bahwa Moskow mengerahkan pasukan di Krimea yang dicaplok Rusia dan di sekitar zona konflik Ukraina timur.

Apakah ini "gemerincing pedang" atau persiapan perang? Niatan Rusia masih belum jelas hingga saat ini, namun berikut adalah panduan singkat untuk perkembangan terbaru yang dikutip dari BBC, Selasa (13/4/2021).

Apakah Rusia bersiap untuk menginvasi Ukraina?
Berbagai sumber telah melaporkan pergerakan besar militer Rusia menuju perbatasan timur Ukraina dan Krimea, yang dianeksasi oleh pasukan Rusia dari Ukraina pada Maret 2014. Banyak dari laporan ini telah muncul di Twitter, seperti tweet analis intelijen Jane tentang rudal jarak pendek Iskander.

Kremlin sendiri belum memberikan rincian tentang unit yang terlibat. Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan, memindahkan pasukan melintasi wilayah Rusia adalah "urusan internal" yang seharusnya tidak menjadi perhatian siapa pun. Beberapa pasukan, termasuk unit di Krimea, telah melakukan latihan. Namun Peskov juga menuduh Ukraina melakukan "provokasi".



Sumber intelijen Ukraina mengatakan kepada BBC bahwa pasukan tambahan berjumlah 16 kelompok taktis batalion, yang akan berjumlah hingga 14.000 tentara. Secara total, menurut kepresidenan Ukraina, Rusia sekarang memiliki sekitar 40.000 di perbatasan timur dan sekitar 40.000 di Krimea.

Jadi apakah ini kekuatan invasi? Bisa jadi, tetapi analis mengatakan invasi besar tidak mungkin terjadi. Infiltrasi akan menjadi metode teruji dan tepercaya Rusia. Pasukan khusus Rusia tanpa lencana - dijuluki "orang hijau kecil" - mengambil alih Krimea pada tahun 2014.

Ukraina, NATO dan pemerintah Barat mengatakan Rusia juga memiliki unit reguler dan senjata berat di timur Ukraina yang dikuasai separatis. Kremlin membantahnya dan menyebut pasukan Rusia di sana "sukarelawan".

Mengapa Rusia berperang dengan Ukraina?
Sejak runtuhnya komunisme pada tahun 1991, pasukan Rusia telah campur tangan dalam beberapa konflik di bekas republik Soviet, terutama di Chechnya dan bagian lain Kaukasus.



Pada April 2014, tepat setelah aneksasi Krimea oleh Rusia, separatis pro-Rusia merebut sebagian besar wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur. Sebelumnya, demonstrasi pro-Barat berbulan-bulan di ibu kota Ukraina, Kyiv, telah memaksa keluar presiden pro-Rusia, Viktor Yanukovych.

Dikenal sebagai Donbas, zona konfliknya sebagian besar berbahasa Rusia, dan sekarang banyak penduduknya memiliki paspor Rusia. Presiden Putin mengatakan Rusia akan membela warga Rusia di luar negeri, jika mereka terlihat berisiko.

Hubungan Rusia-Ukraina sekarang sudah pasti bermusuhan, tetapi ini bukan perang habis-habisan. Ada bentrokan sporadis di garis depan Donbas.

Penggunaan pasukan khusus GRU, perang dunia maya, dan propaganda dalam konflik ini dan lainnya dikenal sebagai "perang hibrida" - bukan perang panas, tetapi juga bukan konflik beku. Laporan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Kongres tahun lalu menyoroti peran GRU.



Ada pertempuran besar-besaran pada 2014, sebelum gencatan senjata pada 2015. Ada beberapa pertukaran tahanan sejak itu.

Lebih dari 13.000 orang tewas dalam konflik tersebut. Ukraina mengatakan 26 tentaranya telah tewas di Donbas sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan 50 pada tahun 2020. Para separatis mengatakan lebih dari 20 tentaranya telah tewas tahun ini.

Mengapa Rusia sekarang mengancam Ukraina lagi?
Analis Rusia-Ukraina termasuk Pavel Felgengauer dan James Sherr mencatat beberapa faktor yang memperburuk ketegangan.

Pada bulan Februari, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjatuhkan sanksi pada Viktor Medvedchuk, seorang oligarki Ukraina yang kuat dan teman Presiden Putin. Ukraina juga melarang siaran tiga stasiun TV pro-Rusia.



Kesepakatan perdamaian Minsk yang disepakati pada 2015 masih jauh dari terpenuhi. Misalnya, belum ada pengaturan pemilu yang dimonitor secara independen di wilayah separatis.

Dalam konflik sebelumnya dalam apa yang disebutnya "dekat luar negeri", Rusia telah mengirim pasukan sebagai "penjaga perdamaian", yang akhirnya menetap. Itu terjadi di Moldova dan Ossetia Selatan, misalnya. James Sherr mengatakan itu bisa terjadi lagi di Ukraina. Itu akan membekukan posisi dengan kuat untuk mendukung Rusia.

Beberapa berspekulasi bahwa Putin juga ingin menguji Presiden AS Joe Biden, yang telah mengambil sikap lebih keras terhadap Rusia daripada pendahulunya, Donald Trump.

Putin menghadapi pemilihan parlemen pada bulan September dan gerakan massa yang berkelanjutan mendukung kritikus Alexei Navalny yang dipenjara. Jadi Kremlin yang "membela" yang diperangi Rusia di Ukraina bisa kalah bagus dengan banyak pemilih. Navalny mungkin juga terpinggirkan jika Kremlin mengobarkan semangat patriotik atas Ukraina.

Apakah Ukraina dilindungi oleh NATO?
Bukan berdasarkan perjanjian, karena Ukraina bukan anggota. Tetapi NATO memiliki hubungan dekat dengan Ukraina, yang telah menerima senjata Barat termasuk rudal anti-tank Javelin AS. Jadi, Rusia tahu bahwa sangat berisiko memprovokasi lebih banyak bantuan militer Barat untuk Ukraina.

Presiden Zelensky telah mendesak NATO untuk mempercepat keanggotaan Ukraina; tetapi konflik membuat NATO sulit menerima Ukraina di bawah persyaratan aliansi 30 negara saat ini.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)