Kekurangan Ventilator Membuat Afrika Kian Sulit Atasi Pandemi Covid-19

Minggu, 19 April 2020 - 01:40 WIB
loading...
Kekurangan Ventilator Membuat Afrika Kian Sulit Atasi Pandemi Covid-19
Ilustrasi
A A A
HARARE - Zororo Makamba, seorang tokoh terkemuka di Zimbabwe adalah korban tewas pertama Covid-19 di negara itu. Makamba diketahui meninggal seorang diri di rumah sakit Harare, di mana tidak ada cukup obat atau ventilator untuk menyelamatkan hidupnya.

Kematiannya menunjukkan betapa tidak siapnya negara itu karena wabah Covid-19. Seorang dokter di Zimbabwe memperkirakan bahwa mungkin hanya ada kurang dari 20 respirator yang berfungsi di rumah sakit umum negara itu. Ironisnya, situasi di banyak negara Afrika dan sub-Sahara lainnya lebih buruk daripada Zimbabwe.

Kondisi ini membuat mereka lebih rentan terhadap penyebaran virus corona. Dengan sedikit dokter dan peralatan langka, dana yang tidak memadai, pelatihan petugas kesehatan yang tidak memadai, dan transmisi data kasus Covid-19 yang tidak efisien, banyak negara ini khawatir mereka tidak berdaya menghadapi penyebaran pandemi mematikan yang tak terhindarkan.

Satu hal yang paling mengkhawatirkan adalah kurangnya ventilator. Kekurangan ventilator telah menjadi salah satu tantangan terbesar dalam perang melawan virus Corona, bahkan di banyak negara di negara maju.

Sebagai contoh, Amerika Serikat (AS) sekarang menghadapi kekurangan ventilator yang parah, meskipun memiliki 16 ribu unit tambahan yang disimpan oleh pemerintah untuk memenuhi keadaan darurat apa pun.

Beberapa pemerintah Eropa, setelah menerapkan taktik mobilisasi masa perang untuk mendorong pabrik-pabrik mengeluarkan lebih banyak ventilator, sekarang menghentikan perusahaan-perusahaan untuk mengekspornya. Langkah ini diambil untuk bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Rumah sakit dan petugas layanan kesehatan di negara-negara Afrika akan segera menghadapi kekurangan ventilator saat mereka bersiap menghadapi kemungkinan meningkatnya pasien virus Corona yang kritis di tengah peningkatan harian dari kasus yang dikonfirmasi.

Seorang administrator senior di rumah sakit swasta di Khartoum, Sudan mengatakan kepada surat kabar South African Mail and Guardian bahwa hanya ada lebih dari 80 ventilator di negaranya. Nigeria, dengan populasi 200 juta orang, memiliki kurang dari 500 ventilator di 36 negara bagian dan Wilayah Ibu Kota Federal.

"Hanya ada tiga ventilator yang tersedia di Republik Afrika Tengah, sebuah negara berpenduduk hampir lima juta orang," kata David Manan, Direktur Negara untuk Dewan Pengungsi Norwegia, seperti dilansir Al Arabiya.

"Ketika negara-negara kaya berada dalam mode panik, menyatakan bahwa ribuan ventilator tidak akan cukup, itu hanya menyoroti bagaimana negara-negara miskin seperti Republik Afrika Tengah tidak memiliki peluang dalam perang melawan COVID-19," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)