Kekurangan Ventilator Membuat Afrika Kian Sulit Atasi Pandemi Covid-19

Minggu, 19 April 2020 - 01:40 WIB
loading...
A A A
Sierra Leone hanya memiliki 13 ventilator, sedangkan Sudan Selatan hanya memiliki empat. Jerry Brown, yang membantu memimpin tanggapan Liberia menghadapi wabah Ebola pada tahun 2014 dan sekarang membantu mempersiapkan negaranya untuk pandemi Covid 19, menuturkan Liberia tidak memiliki ventilator sama sekali.

Marius Fourie, direktur pelaksana Draeger Afrika Selatan, mengatakan negaranya hanya memiliki sekitar 6.000 ventilator di sektor kesehatan publik dan swasta.

“Jelas ada kekurangan ventilator (secara global), dan kami semua berusaha sebaik mungkin untuk memberi setiap orang kesempatan yang adil. Juga tidak adil untuk mencoba dan melewati antrian. Sayangnya, Afrika berada di belakang garis sekarang,” kata Fourie.

“Sangat sulit untuk mengeluarkan ventilator dengan cepat saat ini. Yang membuatnya lebih sulit adalah juga maskapai, tidak ada yang terbang. Hanya untuk memasukkan produk-produk itu ke negara itu, tidak peduli negara mana di dunia, adalah tantangan besar berikutnya,” tambahnya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)