Alasan Teori Konspirasi Kerap Bayangi Penembakan Massal di AS

Senin, 05 April 2021 - 05:00 WIB
loading...
Alasan Teori Konspirasi Kerap Bayangi Penembakan Massal di AS
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Meskipun teori konspirasi tidak terbatas pada topik apa pun, tapi ada satu jenis peristiwa yang tampaknya sangat mungkin memicu hal itu, penembakan massal . Penembakan jenis ini biasanya didefinisikan sebagai serangan di mana seorang penembak membunuh setidaknya empat orang atau lebih.

Ketika satu orang membunuh banyak orang dalam satu insiden, terutama ketika tampaknya acak, orang secara alami mencari jawaban mengapa tragedi itu terjadi. Selain itu, jika penembakan massal dilakukan secara acak, siapa pun bisa menjadi sasaran.



Menunjuk pada beberapa rencana jahat oleh kelompok yang kuat, seperti pemerintah, bisa lebih menghibur daripada gagasan bahwa serangan itu adalah hasil dari individu yang terganggu atau sakit jiwa yang memperoleh senjata api secara legal.

Menurut studi yang dilakukan Michael Rocque dan Stephanie Kelley-Romano dari Bates College, seperti dilansir Japan Today, di Amerika Serikat (AS), di mana sebagian besar masyarakat percaya bahwa pemerintah akan mengambil senjata mereka, gagasan bahwa penembakan massal diatur oleh pemerintah dalam upaya untuk membuat senjata terlihat buruk, mungkin menarik baik secara psikologis maupun ideologis.

Keduanya mengatakan bahwa penembakan massal dan teori konspirasi memiliki sejarah yang panjang. Sejak pertengahan 1990-an, di tengah serentetan penembakan di sekolah, Cutting Edge Ministries, sebuah situs web fundamentalis Kristen, menemukan hubungan yang diduga antara serangan itu dan Presiden Bill Clinton saat itu.



Situs web grup tersebut mengklaim bahwa ketika garis ditarik antara grup lokasi syuting sekolah di seluruh AS, garis tersebut bersilangan di Hope, Arkansas, kota kelahiran Clinton.

"The Cutting Edge Ministries menyimpulkan dari peta ini bahwa penembakan adalah peristiwa yang direncanakan. Dengan tujuan untuk meyakinkan cukup banyak orang Amerika bahwa senjata adalah kejahatan yang perlu ditangani dengan serius, sehingga memungkinkan pemerintah federal untuk mencapai tujuan Illuministnya untuk merebut semua senjata," ujar keduanya dalam studi mereka.

Teori konspirasi sendiri adalah cara memahami informasi. Sejarawan Richard Hofstadter telah mengindikasikan bahwa mereka dapat memberikan motif untuk peristiwa yang tidak dapat dijelaskan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)