Prancis Minta Iran Kooperatif Saat Pertemuan di Wina

Minggu, 04 April 2021 - 16:07 WIB
loading...
Prancis Minta Iran Kooperatif Saat Pertemuan di Wina
Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian meminta Iran untuk bersikap konstruktif selama pembicaraan di Wina, Austria, pekan depan. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri Prancis , Jean-Yves Le Drian meminta Iran untuk bersikap konstruktif selama pembicaraan di Wina, Austria, pekan depan. Pembicaraan itu adalah upaya lainuntuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir.

Le Drian, yang berbicara pasca melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menekankan bahwa dia telah meminta Teheran untuk menghindari pelanggaran lebih lanjut terhadap komitmen nuklirnya.

"Saya telah mendorong Iran untuk bersikap konstruktif selama diskusi yang akan berlangsung," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada MInggu (4/4/2021).

Dia kemudian menuturkan bahwa pertemuan di Wina akan membantu penandatangan pakta nuklir 2015 dan Amerika Serikat (AS) untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan untuk kembali ke kepatuhan penuh.

Sementara itu, di sisi lain, Zarif mengatakan bahwa dia berharap Prancis untuk menunjukkan sikap yang konstruktif. Baca juga: Prancis Tidak Terima Serangan Udaranya Dilaporkan Hantam Pesta Pernikahan

Diplomat senior Iran mengatakan dia telah meminta Prancis untuk menghormati komitmennya di bawah perjanjian itu dan untuk berhenti mematuhi sanksi ilegal yang dijatuhkan oleh AS.

Iran sendiri sebelumnya telah menegaskan sangat menolak proposal pencabutan sanksi AS secara bertahap. Teheran menegaskan semua sanksi AS harus dicabut sekaligus. Baca juga: Iran Tolak Pertemuan dengan AS di Wina
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5044 seconds (11.252#12.26)