Blak-blakan, Lavrov Ungkap Alasan Rusia Tolak Pertemuan dengan NATO

Jum'at, 02 April 2021 - 04:36 WIB
loading...
Blak-blakan, Lavrov Ungkap Alasan Rusia Tolak Pertemuan dengan NATO
Rusia meminta NATO untuk tidak menyinggung permasalahan Ukraina dalam pertemuan Dewan NATO-Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia menolak tudingan bahwa mereka tidak mau berpartisipasi dalam pembicaraan dengan NATO . Rusia menyatakan bahwa mereka akan sangat ingin mengadakan pertemuan puncak, tetapi hanya jika pertemuan itu tetap pada topik yang sebenarnya berada dalam kewenangan blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengklaim bahwa gangguan komunikasi adalah kesalahan satu pihak saja.

“Sejak musim panas 2019, belum ada pertemuan Dewan NATO-Rusia,” ujarnya. "Dan itu karena Rusia belum menanggapi secara positif undangan kami untuk mengadakan Dewan," imbuhnya.

“Saya menyesal, karena menurut saya dialog itu penting, apalagi di saat-saat sulit seperti sekarang, maka penting bagi kita untuk duduk, membahas juga masalah-masalah yang sulit,” tambah Stoltenberg.



“Saya percaya dalam dialog dengan Rusia sebagian untuk memperjuangkan hubungan yang lebih baik dengan (negara itu),” tukasnya.

Moskow kemudian membalas pernyataan tersebut, dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berargumen bahwa negaranya tidak menentang pembicaraan dengan blok tersebut.

"Rekan kami Mr Stoltenberg menyatakan bahwa Rusia menolak untuk bekerja di Dewan Rusia-NATO," kata Lavrov.

"Kami tidak menolak untuk bekerja, kami hanya tidak ingin duduk di sana dan mendengar tentang Ukraina ," tegasnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (2/4/2021).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)