Cegat Armada Bomber Rusia di Eropa, NATO Kirim Jet Tempur 10 Kali Sehari

loading...
Cegat Armada Bomber Rusia di Eropa, NATO Kirim Jet Tempur 10 Kali Sehari
Dua pesawat pembom Tu-95 Bear milik Rusia. Foto/militarywatchmagazine
BRUSSELS - NATO kerahkan jet tempur hingga 10 kali pada Senin (29/3) untuk melacak dan mencegat armada pesawat pembom dan jet tempur Rusia yang terbang di atas Laut Utara, Laut Hitam, dan Laut Baltik.

Ini menjadi “puncak langka” kehadiran armada jet tempur Rusia dalam jumlah yang besar di beberapa wilayah eropa sekaligus dalam sehari, menurut seorang pejabat NATO.

"Pesawat NATO mencegat enam kelompok berbeda dari pesawat militer Rusia di dekat wilayah udara aliansi dalam waktu kurang dari enam jam," ungkap pernyataan NATO, dilansir Saudi Gazette.

Baca juga: Penumpukan Militer Rusia di Perbatasan Bikin Panglima Ukraina Ketar Ketir



Aktivitas Rusia di wilayah yang luar biasa luas di langit Eropa terjadi pada hari yang sama saat Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara mengatakan mereka melacak pesawat Rusia di lepas pantai Alaska.

Baca juga: Rusia Mengaku Tengah Analisa Gerak-gerik AS

Tak satu pun dari armada pesawat tempur Rusia itu memasuki wilayah udara nasional negara-negara NATO di Eropa dan intersepsi dianggap aman. Namun pernyataan NATO merinci aktivitas yang sangat mencurigakan dan tidak biasa tersebut.

Baca juga: Kurang Dana, Lebanon Jual Lima Jet Tempur dan Tiga Helikopter Bekas

Pesawat F-16 Norwegia bergegas terbang setelah radar mendeteksi dua kelompok pesawat militer Rusia di dekat garis pantai Norwegia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top