Ledek Sanksi AS, Iran Makin Gila-gilaan Jual Minyak ke China

Kamis, 01 April 2021 - 00:05 WIB
loading...
Ledek Sanksi AS, Iran Makin Gila-gilaan Jual Minyak ke China
Sebuah kapal tanker minyak berlabuh di pelabuhan Ningbo Zhoushan, China. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - China semakin gila-gilaan minyak mentah dari Iran , hampir satu juta barel per hari (bph) pada bulan Maret. Impor minyak oleh Beijing ini menjadi ledekan terhadap sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Teheran.

Jumlah pembelian minyak itu hampir setengah dari jumlah ekspor minyak Arab Saudi ke China.



Laporan sebelumnya oleh Reuters pada awal bulan Maret lalu mengatakan bahwa China membeli minyak mentah Iran dalam volume tertinggi untuk mengantisipasi pencabutan sanksi Administrasi Biden terhadap Teheran.

Data Reuters yang mengutipRefinitiv Oil Research—unit yang fokus pada energi dari penyedia global data pasar keuangan dan infrastruktur di Asia juga menyebutkan bahwaRepublik Islam Iran telah mengirimkan sekitar 17,8 juta ton minyak mentah ke pelabuhan China selama 14 bulan terakhir, dengan volume mencapai tertinggi dalam sejarah pada Januari dan Februari.

Bahkan India, lanjut laporan itu, mulai merencanakan pembelian minyak Iran.

Kemudian pada bulan Maret, Washington memperingatkan China untuk berhenti membeli minyak dari Iran.

"Kami telah memberi tahu China bahwa kami akan terus menegakkan sanksi kami," kata pejabat senior pemerintah AS yang tidak disebutkan namanya kepada Financial Times. "Tidak akan ada lampu hijau diam-diam."

Sanksi era Presiden Donald Trump dapat dicabut jika Iran dan AS berhasil mencapai meja perundingan, tetapi itu masih belum pasti.

“Pada akhirnya, tujuan kami bukanlah untuk menegakkan sanksi; itu untuk mencapai titik di mana kami mencabut sanksi dan Iran membalikkan langkah nuklirnya," lanjut pejabat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)