Berjaga-jaga dari Ancaman China, Taiwan Akan Beli Rudal Patriot Terbaru

Rabu, 31 Maret 2021 - 18:09 WIB
loading...
Berjaga-jaga dari Ancaman China, Taiwan Akan Beli Rudal Patriot Terbaru
Taiwan akan beli rudal Patriot terbaru untuk berjaga-jaga dari ancaman China. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Angkatan Udara Taiwan menyatakan akan membeli versi upgrade dari rudal permukaan-ke-udara Patriot milik Lockheed Martin Corp , Amerika Serikat (AS). Pengumuman itu dikeluarkan ketika pulau itu tengah memperkuat pasukannya untuk berjaga-jaga dari ancaman China yang meningkat.

Taiwan telah mengeluhkan serangan yang berulang kali dilakukan oleh angkatan udara China dalam beberapa bulan terakhir ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu. Beijing berusaha menekan Taipei agar menerima kedaulatannya.

Angkatan Udara Taiwan mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk membeli rudal Patriot Advanced Capability 3 (PAC-3) Missile Segment Enhancement (MSE), dengan pengiriman akan dimulai pada 2025 dan ditempatkan pada tahun berikutnya.

Namun Angkatan Udara Taiwan tidak mengungkapkan berapa banyak rudal yang akan dibeli, dengan alasan sensitivitasnya masalah tersebut.



"Rencana pembelian ini dibuat berdasarkan ancaman dari musuh," kata seorang juru bicara Angkatan Udara, menambahkan negara itu akan terus meningkatkan kapasitas pertahanan seperti dikutip dari Reuters, Rabu (31/3/2021).

Juru bicara itu mengatakan Angkatan Udara Taiwan secara hati-hati optimis tentang kemajuan pembelian tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan, dalam sebuah laporan kepada parlemen yang dilihat oleh Reuters, mengatakan keputusan untuk mendapatkan rudal Patriot yang lebih baru dibuat selama pertemuan 2019 dengan Amerika Serikat selama pemerintahan Presiden AS sebelumnya Donald Trump.

Pemerintah Presiden AS saat ini, Joe Biden, belum mengumumkan penjualan senjata ke Taiwan sejak menjabat pada Januari, meskipun telah menjanjikan komitmen "yang sangat kuat" untuk pulau yang diperintah secara demokratis itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)