KKB Serang Pasar di Perbatasan, Lebih dari 50 Orang Tewas

Rabu, 17 Maret 2021 - 09:40 WIB
loading...
KKB Serang Pasar di Perbatasan, Lebih dari 50 Orang Tewas
Lebih dari 50 orang tewas dalam serangan kelompok bersenjata di dekat perbatasan Mali. Foto/Ilustrasi
A A A
NIAMEY - Kelompokbersenjata melepaskan tembakan ke empat kendaraan yang membawa sejumlah orang pulang dari sebuah pasar di wilayah Tillaberi.Pemerintah Niger mengatakan setidaknya 58 orang tewas setelah serangan di dekat perbatasan dengan Mali itu.

Seorang warga sebelumnya mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa rangkaian serangan dimulai dengan penembakan di sebuah bus yang sedang dalam perjalanan ke Chinedogar, yang menewaskan sekitar 20 orang.

Yang lain mengatakan bahwa para korban sedang berbelanja di Banibangou, kota pasar populer yang dekat dengan perbatasan Mali.

Tidak ada kelompok yang mengklaim serangan itu, yang terjadi pada hari Senin.



Namun, saat ini ada dua kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Niger - satu di barat dekat Mali dan Burkina Faso, dan satu lagi di tenggara di perbatasan dengan Nigeria.

Dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi publik, pemerintah Niger mengatakan bahwa sekelompok orang bersenjata yang masih tak dikenal mencegat empat kendaraan yang membawa penumpang pulang dari pasar mingguan Banibangou ke desa Chinedogar dan Darey-Daye.

"Korban dari tindakan biadab ini (adalah) 58 tewas, satu luka-luka, sejumlah gudang gabah dan dua kendaraan terbakar, dan dua kendaraan lagi disita," tambahnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (17/3/2021).

Pemerintah juga mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari, mulai Rabu.



Pemerintah Niger mendesak warganya untuk senantiasa waspada dan bertekad memerangi kriminalitas dalam segala bentuk.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)