Puluhan Warga Sipil Tewas dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Niger

Minggu, 03 Januari 2021 - 10:23 WIB
loading...
Puluhan Warga Sipil Tewas dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Niger
Serangan kelompok bersenjata di Niger tewaskan puluhan warga sipil. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
NIAMEY - Puluhan warga sipil tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan kelompok bersenjata di dua desa di Niger barat, dekat perbatasan negara dengan Mali.

Menteri Dalam Negeri Niger, Alkache Alhada, mengatakan kepada kantor berita DPA bahwa serangan itu terjadi di desa Tchombangou dan Zaroumdareye di wilayah Mangaize pada hari Sabtu.

"Sedikitnya 56 warga sipil tewas dan 20 lainnya luka-luka," katanya, tanpa menyebutkan jumlah pasti di setiap desa seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (3/1/2021).

Tidak jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu.



Seorang wartawan lokal mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa 50 orang tewas di Tchombangou, sementara Reuters, mengutip sumber keamanan, mengatakan sedikitnya 49 orang tewas dan 17 lainnya luka-luka di desa yang sama.

30 lainnya tewas di Zaroumdareye, Reuters melaporkan, mengutip sumber keamanan kedua.

"Diyakini penyerang datang dari seberang perbatasan dari Mali," Ahmed Idris dari Al Jazeera, melaporkan dari ibu kota Niger, Niamey.

“Itu adalah salah satu daerah paling keropos di Niger. Perbatasan dengan Burkina Faso juga keropos dan telah dilanda serangan dari kelompok bersenjata yang setia kepada al-Qaeda dan Negara Islam (ISIS). Dan di perbatasan dengan Nigeria, kami telah melihat peningkatan aktivitas dengan serangan Boko Haram yang menargetkan tidak hanya warga sipil, tetapi juga personel militer," sambungnya. (Baca juga: Kegiatan Baca Al-Qur'an Diguncang Bom, 15 Anak Meninggal )

Kekerasan itu terjadi pada hari yang sama ketika Niger mengumumkan hasil putaran pertama pemilihan presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)