AS Sibuk Kumpulkan Sekutu, China Gelar Latihan Tempur

Selasa, 16 Maret 2021 - 20:33 WIB
loading...
AS Sibuk Kumpulkan Sekutu, China Gelar Latihan Tempur
China melakukan latihan tempur di tiga wilayah maritim utama. Foto/Sputnik
A A A
BEIJING - Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China baru-baru ini mengadakan latihan angkatan laut yang berorientasi pada pertempuran, menampilkan berbagai jenis kapal perang di tiga wilayah laut utama. Latihan ini dilakukan saat Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumpulkan sekutu di wilayah tersebut dan berusaha untuk mendorong "pencegahan yang kredibel" terhadap China.

Komando Teater Utara, Timur dan Selatan PLA baru-baru ini menyelenggarakan latihan berorientasi pertempuran di masing-masing di Laut Kuning, Laut China Timur dan Laut China Selatan . Begitu laporan China Central Television (CCTV).

"Di Laut Kuning, korvet Tipe 056 dan Tipe 056A Wuhai, Datong dan Yingkou membentuk armada dan kursus pelatihan yang dipraktikkan termasuk penembakan senjata utama, penembakan senjata sekunder, dan pertahanan udara dengan meluncurkan suar. Di Laut China Timur, kapal perusak Tipe 052C Jinan dan fregat Type 054A Changzhou menjalankan lebih dari 10 misi pelatihan termasuk pertempuran di antara kapal perang, kapal selam dan pesawat tempur, dan serangan tembakan gabungan. Di Laut China Selatan, berbagai jenis kapal tunda dan pendukung melakukan pencarian dan penyelamatan maritim serta latihan penarikan darurat," menurut laporan CCTV yang dinukil Sputnik, Selasa (16/3/2021).



"Komando Teater Selatan PLA juga mengadakan latihan lain di Teluk Beibu, barat Semenanjung Leizhou di Laut China Selatan, ketika para pelaut pada hari Minggu memberikan penghormatan dengan tindakan mereka kepada para pahlawan yang muncul sebagai pemenang dalam Pertempuran Terumbu Karang Chigua pada tanggal 14 Maret 1988 melawan Vietnam," kata komando itu dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, memperingati 33 tahun peristiwa tersebut.

Latihan angkatan laut PLA yang intensif dilakukan ketika Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia sedang dalam kunjungan ke Asia untuk meningkatkan kerja sama militer dengan sekutu AS dan mendorong "pencegahan yang kredibel" terhadap China, seperti dilaporkan oleh AFP.

Laporan itu menyatakan perjalanan Austin akan mencakup pertemuan dengan sekutu utama di Tokyo, New Delhi dan Seoul.



China menilai keadaan keamanan yang sekarang dihadapinya tidak stabil dan tidak pasti, sebagian besar karena ancaman politik dan militer dari AS, sehingga PLA harus siap untuk menjaga kedaulatan China, kepentingan keamanan dan pembangunan, kata seorang pakar militer yang berbasis di Beijing Global Times pada hari Senin, meminta tidak disebutkan namanya.

Pada tahun 2020, aktivitas militer AS di Laut China Selatan yang bertujuan untuk menghalangi China belum pernah terjadi sebelumnya, kata lembaga pemikir yang berbasis di Beijing, South China Sea Strategic Situation Probing Initiative dalam sebuah laporan pada hari Jumat, yang menyajikan statistik yang tidak lengkap dari operasi AS.

Direktur lembaga pemikir Hu Bo mengatakan kepada Global Times bahwa AS kemungkinan akan terus mengumpulkan sekutu dan mitra regional untuk campur tangan dalam urusan regional dan meningkatkan kehadiran militer perbatasannya, serta intensitas aktivitasnya di kawasan tersebut, dalam upaya untuk mencapai penahan maritim China.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)