Pelesir ke Asia, Bos Pentagon Ajak Sekutu AS Lawan China

Senin, 15 Maret 2021 - 13:11 WIB
loading...
Pelesir ke Asia, Bos Pentagon Ajak Sekutu AS Lawan China
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin. Foto/REUTERS
A A A
HONOLULU - Bos Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan dia telah memulai melakukan perjalanan ke Asia untuk meningkatkan kerjasama militer dengan sekutu-sekutu Amerika. Dia mendorong para sekutu Amerika merancang pengahalau yang kredibel terhadap China .

Pelesir Austin dimulai dengan mengunjungi Hawaii, pusat komando militer Amerika untuk wilayah Indo-Pasifik. Itu menjadi kunjungan asing pertamanya sebagai kepala Pentagon.



"Ini semua tentang aliansi dan kemitraan," katanya kepada wartawan dalam perjalanan yang akan mencakup pertemuan dengan sekutu utama di Tokyo, New Delhi dan Seoul.

“Ini juga tentang meningkatkan kemampuan,” ujarnya, mengingat bahwa sementara Amerika Serikat berfokus pada perjuangan anti-jihadis di Timur Tengah, China sedang memodernisasi tentaranya dengan kecepatan tinggi.

“Keunggulan kompetitif yang kami miliki telah terkikis,” katanya. “Kami masih mempertahankan keunggulan itu. Kami akan meningkatkan keunggulan itu ke depannya,” paparnya.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa kami memiliki kemampuan dan rencana operasional untuk dapat menawarkan pencegahan yang kredibel terhadap China atau siapa pun yang ingin melawan AS,” ujarnya, seperti dikutip AFP, Senin (15/3/2021).



Lloyd akan bergabung di Tokyo dan Seoul dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken.

“Salah satu hal yang ingin saya dan Menteri Luar Negeri lakukan adalah mulai memperkuat aliansi itu,” katanya. “Ini akan lebih tentang mendengarkan dan belajar, mendapatkan sudut pandang mereka.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)