Vaksinnya Disebut Sebabkan Penggumpalan Darah, Ini Respon AstraZeneca

Selasa, 16 Maret 2021 - 01:42 WIB
loading...
Vaksinnya Disebut Sebabkan Penggumpalan Darah, Ini Respon AstraZeneca
Perusahaan farmasi yang berbasis di Cambridge, Inggris itu mengatakan, keamanan adalah yang terpenting bagi mereka dan mereka terus memantau keamanan vaksin. Foto/REURERS
A A A
LONDON - AstraZeneca mengeluarkan pernyataan yang menegaskan keamanan vaksin Covid-19 berdasarkan bukti ilmiah. Ini adalah respon atas kekhawatiran sejumlah orang yang mengalami pembekuan darah setelah menerima vaksin AstraZeneca.

Perusahaan farmasi yang berbasis di Cambridge, Inggris itu mengatakan, keamanan adalah yang terpenting bagi mereka dan mereka terus memantau keamanan vaksin.

"Peninjauan yang cermat terhadap semua data keamanan yang tersedia dari lebih dari 17 juta orang yang divaksinasi di Uni Eropa (UE) dan Inggris dengan Vaksin COVID-19 AstraZeneca tidak menunjukkan bukti peningkatan resiko emboli paru, trombosis vena dalam (DVT) atau trombositopenia, di mana pun. kelompok usia yang ditentukan, jenis kelamin, kelompok atau di negara tertentu," ucap perusahaan itu.

Mereka menuturkan, berdasarkan jumlah kasus yang diterima, tercatat bahwa sejauh ini di seluruh UE dan Inggris, terdapat 15 peristiwa DVT, dan 22 peristiwa emboli paru yang dilaporkan di antara mereka yang diberi vaksin.

"Ini jauh lebih rendah daripada yang diharapkan terjadi secara alami pada populasi umum sebesar ini dan serupa dengan vaksin COVID-19 berlisensi lainnya," ungkapnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (16/3/2021).

"Laporan keamanan bulanan akan dipublikasikan di situs web European Medicines Agency (EMA) pada minggu berikutnya, ini sejalan dengan langkah-langkah transparansi luar biasa untuk Covid-19, " sambungnya.

AstraZeneca menekankan bahwa dalam uji klinis, meskipun jumlah kejadian trombotik kecil, kejadian ini lebih rendah pada kelompok yang divaksinasi dan juga tidak ada bukti peningkatan perdarahan di lebih dari 60 ribu peserta yang terdaftar.

Kepala petugas medis AstraZeneca, Ann Taylor juga menegaskan bahwa jumlah kasus pembekuan darah yang dilaporkan dalam kelompok ini lebih rendah daripada ratusan kasus yang diperkirakan terjadi pada populasi umum.

Sifat pandemi, paparnya, telah menyebabkan peningkatan perhatian dalam kasus individu dan kami melampaui praktik standar untuk pemantauan keamanan obat-obatan berlisensi dalam melaporkan kejadian vaksin, untuk memastikan keamanan publik.

"Dalam hal kualitas, juga tidak ada masalah yang dikonfirmasi terkait dengan batch vaksin kami yang digunakan di seluruh Eropa, atau di seluruh dunia. Pengujian tambahan telah, dan sedang, dilakukan oleh kami sendiri dan secara independen oleh otoritas kesehatan Eropa, dan tidak ada dari tes ulang ini telah menunjukkan perhatian," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)