Kim Jong-un Cuekin Pendekatan di Balik Layar Joe Biden

Minggu, 14 Maret 2021 - 07:38 WIB
loading...
A A A
Pejabat AS tersebut menolak untuk berspekulasi tentang bagaimana kebungkaman dari Pyongyang akan berdampak pada tinjauan kebijakan pemerintahan Biden terhadap Korut, yang diharapkan akan selesai dalam beberapa minggu mendatang.

Selama kampanye pilpres, Biden menggambarkan Kim Jong-un sebagai "preman" dan mengatakan ia hanya akan bertemu dengannya dengan syarat bahwa diktator muda Korut itu akan setuju bahwa dia akan menurunkan kapasitas nuklirnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengulurkan kemungkinan sanksi tambahan, berkoordinasi dengan sekutu, untuk menekan Korut agar melakukan denuklirisasi.

Sanksi sejauh ini gagal meyakinkan Kim Jong-un untuk menyerahkan senjata nuklirnya.



Blinken dijadwalkan menjadi tuan rumah diskusi tatap muka pertama antara pemerintahan senior Biden dan pejabat China pada 18 Maret di Alaska. Pemerintahan Trump menuduh China gagal memberlakukan sanksi terhadap Korut.

Laporan rahasia PBB menemukan bahwa Korut memelihara dan mengembangkan program rudal nuklir dan balistiknya sepanjang tahun 2020 yang melanggar sanksi internasional, membantu mendanai mereka dengan sekitar USD300 juta dicuri melalui peretasan siber.



Laporan oleh pengawas sanksi independen mengatakan Pyongyang memproduksi bahan fisil, memelihara fasilitas nuklir dan meningkatkan infrastruktur rudal balistiknya sambil terus mencari bahan dan teknologi untuk program tersebut dari luar negeri.

Misi Korut di Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak segera menanggapi permintaan komentar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)