Azerbaijan Ungkap Rahasia Tembak Jatuh Rudal Iskander Armenia

Selasa, 02 Maret 2021 - 20:34 WIB
loading...
Azerbaijan Ungkap Rahasia Tembak Jatuh Rudal Iskander Armenia
Azerbaijan menyatakan sistem pertahanan rudal Israel miliknya berhasil menembak jatuh rudal Iskander buatan Rusia yang ditembakkan Armenia. Foto/Middle East Eye
A A A
BAKU - Armenia meluncurkan setidaknya satu rudal balistik jarak pendek Iskander buatan Rusia ke Baku selama perang Nagorno Karabakh pada November lalu, namun rudal itu berhasil ditembak jatuh Azerbaijan . Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior Azerbaijan.

Menurut pejabat itu, Rusia mendorong Armenia untuk menggunakan rudal Iskander dan memberikan dukungan material untuk peluncurannya. Itu dilakukan di hari-hari terakhir konflik Nagorno-Karabakh saat Moskow mendorong gencatan senjata.

“Sebuah rudal balistik Iskander diluncurkan oleh Yerevan langsung ke Ibu Kota (Baku) beberapa hari sebelum gencatan senjata. Itu mengkhawatirkan para pejabat Azerbaijan. Tapi sistem pertahanan rudal yang dioperasikan oleh militer Azerbaijan, Barak-8 buatan Israel, menembak jatuh,” kata pejabat itu.



“Penggunaan lebih lanjut dari rudal ini benar-benar dapat meningkatkan situasi di darat. Dan saya pikir, antara lain, itu meyakinkan kepemimpinan Azerbaijan untuk melakukan gencatan senjata," imbuhnya seperti dikutip dari Middle East Eye, Selasa (2/3/2021).

Seorang pejabat senior militer Armenia yang ikut serta dalam perang mengatakan kepada wartawan pada November bahwa Yerevan memang menembakkan rudal jarak pendek ke Azerbaijan.

"(Itu) digunakan selama perang meskipun saya tidak akan mengatakan di mana," kata Kolonel Jenderal Movses Hakobyan, menurut laporan Bloomberg, setelah dia mundur sebagai kepala dinas kendali militer kementerian pertahanan.



"Rusia juga mengirimkan pasokan militer ke Yerevan selama perang sebanyak yang diizinkan oleh hati nurani mereka," tambahnya.

Azerbaijan memiliki versi operasional berbasis darat dari sistem Barak 8 dengan 12 peluncur dan 75 rudal permukaan-ke-udara, yang dapat digunakan untuk menjatuhkan rudal seperti Iskander. Sistem ini diakuisisi oleh Azerbaijan pada 2018 dan telah diuji.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)