Laut China Selatan Memanas: China Latihan Tempur, Prancis Kirim 2 Kapal Perang

Senin, 01 Maret 2021 - 10:28 WIB
loading...
A A A
Prancis juga mengirim kapal serbu amfibi dan fregat pada pertengahan Februari, dan mereka dijadwalkan untuk transit di Laut Cina Selatan dua kali.

Menurut rencana rute dalam laporan navalnews.com, dua kapal perang Prancis dijadwalkan berlayar melalui Selat Qiongzhou, laut pedalaman China antara Semenanjung Leizhou dan provinsi pulau Hainan.

Para analis Beijing yang dikutip Global Times mengatakan AS berusaha menahan China dengan mengumpulkan sekutu Barat-nya ke Laut China Selatan, yang memiliki lebih banyak kepentingan politik daripada militer.

“China diperkirakan akan terus menghadapi tekanan dari laut, karena AS, sekutunya, dan India dapat terus menimbulkan masalah,” kata Li Jie, pakar Angkatan Laut yang berbasis di Beijing.

Li mengatakan karena Laut China Selatan, Selat Taiwan, dan Kepulauan Diaoyu akan tetap menjadi titik nyala keamanan maritim, pasukan China harus meningkatkan kesiapsiagaan tempur. Dia memprediksi peningkatan terus menerus dalam anggaran pertahanan China untuk tahun ini akan dirilis selama dua sesi yang akan datang dalam seminggu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)