Trump Pernah Tawari Kim Jong-un Tumpangan Pulang dengan Air Force One

loading...
Trump Pernah Tawari Kim Jong-un Tumpangan Pulang dengan Air Force One
Mantan presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Donald Trump , saat menjadi presiden Amerika Serikat (AS), menawari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tumpangan pulang dengan Air Force One setelah pertemuan puncak di Hanoi dua tahun lalu.

Hal itu terungkap dalam dokumenter BBC yang baru.

Kim dan Trump awalnya terlibat dalam perang kata-kata dan saling ancam dengan senjata nuklir, sebelum keduanya melakukan diplomasi luar biasa. Keduanya menampilkan pertemuan puncak yang menarik, yang bertujuan melucuti senjata nuklir Korea Utara. Bahkan Trump membuat pernyataan cinta kepada Kim.

Baca juga: Selingkuh dengan Wakil Presiden, Wanita Ini Diceraikan Suaminya



Tetapi tidak ada kemajuan substantif yang dibuat, di mana proses denuklirisasi Korea Utara menemui jalan buntu setelah pertemuan pasangan itu di Hanoi bubar tanpa hasil.

"Presiden AS mengejutkan, bahkan diplomat paling berpengalaman, dengan menawarkan tumpangan pulang kepada Kim di Air Force One setelah KTT 2019 di Vietnam," bunyi dokumenter BBC; "Trump Takes on the World", seperti dikutip AFP, Senin (22/2/2021).

Jika Kim menerima tawaran itu, itu akan menempatkan pemimpin Korea Utara—dan mungkin beberapa rombongannya—di dalam pesawat resmi presiden AS dan melihatnya memasuki wilayah udara Korea Utara, meningkatkan berbagai masalah keamanan.



Dalam acara tersebut, Kim menolak tawaran Trump.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top