Melbourne Mulai Lockdown, Tak Ada Kerumunan di Australia Open

Minggu, 14 Februari 2021 - 04:04 WIB
loading...
Melbourne Mulai Lockdown, Tak Ada Kerumunan di Australia Open
Para pemain bertanding dalam Australia Open tanpa penonton di Australia. Foto/REUTERS
A A A
MELBOURNE - Negara bagian terpadat kedua di Australia , Victoria, memulai lockdown lima hari pada Sabtu (13/2) saat otoritas berupaya mencegah gelombang ketiga kasus COVID-19.

Satu kasus baru yang didapat secara lokal dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir, menjadikan jumlah kasus yang terkait satu hotel karantina di bandara Melbourne menjadi 14 orang dan total kasus aktif di negara bagian itu menjadi 20.

“Banyak orang akan terluka hari ini. Ini bukanlah posisi yang diinginkan warga Victoria, tetapi saya tidak dapat menghadapi situasi di mana dalam waktu dua pekan, kita melihat ke belakang dan berharap kita telah mengambil keputusan ini sekarang," ungkap Perdana Menteri Negara Bagian Victoria Daniel Andrews.



Penerbangan internasional ke Melbourne akan dihentikan hingga Rabu, setelah lima perjalanan, dengan sekitar 100 penumpang, mendarat pada Sabtu.

Lihat infografis: Putra Mahkota Saudi Luncurkan ‘Coral Bloom’ di Laut Merah

Semua 14 kasus di kluster bandara disebabkan varian virus korona Inggris yang sangat menular. Sejauh ini hanya kontak langsung para pekerja di hotel yang dinyatakan positif.



"Itu terkandung dalam pengertian itu. Ada kekhawatiran di Victoria tentang penyebaran ke masyarakat," ungkap Kepala Petugas Medis Australia Paul Kelly.

Jalan-jalan di pusat kota Melbourne, ibu kota negara bagian itu, dan pinggiran kota hampir kosong pada Sabtu, dengan orang-orang diperintahkan tinggal di rumah.

Pengecualian hanya untuk berbelanja kebutuhan pokok, dua jam olahraga di luar ruangan, pengasuhan, atau pekerjaan yang tidak dapat dilakukan dari rumah.

Di antara pekerjaan "penting", bertanding di Australia Open, acara tenis Grand Slam pertama tahun ini yang berlangsung hingga 21 Februari, terus berlanjut. Namun para penggemar dilarang menonton sampai Rabu.

Ribuan orang terpaksa meninggalkan pertandingan tengah malam sebelum tengah malam pada Jumat.

Para pemain merindukan keramaian penonton.

“Itu agak mengganggu, dalam beberapa hal menyedihkan. Saya hanya mencoba fokus pada permainan saya,” ungkap Elina Svitolina setelah memenangkan pertandingan ronde ketiganya.

Penguncian terjadi tepat ketika Melbourne bersiap akhir pekan terbesar dalam hampir setahun, dengan perayaan Tahun Baru Imlek, Hari Valentine, dan kerumunan Australia Open.

Melbourne tahun lalu mengalami penutupan selama 111 hari, salah satu yang paling ketat dan terpanjang di dunia pada saat itu. Langkah itu untuk membendung wabah virus corona yang menyebabkan lebih dari 800 kematian.

“Ini adalah akhir pekan tersibuk dalam setahun bagi kami. Saya duduk di sini dan melakukan 178 panggilan telepon yang memilukan untuk melihat apakah saya bisa membuat mereka memesan ulang,” ujar Will Baa, pemilik Lover, restoran di distrik trendi Windsor.

“Hanya semoga saja itu hanya berlangsung dalam waktu singkat lima hari,” papar dia.

Secara lebih luas, Australia dinilai paling sukses di dunia dalam mengatasi pandemi. Hal ini karena lockdown ketat dan perbatasan yang ditutup untuk semua kecuali beberapa pelancong.

Dengan jumlah penduduk 25 juta, telah terjadi sekitar 22.200 kasus komunitas dan 909 kematian.

Selandia Baru pada Sabtu melaporkan satu kematian seorang pasien dengan COVID-19. Kasus itu belum termasuk dalam total 25 kematian akibat COVID-19 di negara itu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)