Penampilan Wajah Hitam Saat Gala Tahun Baru Imlek Picu Debat Rasisme

Jum'at, 12 Februari 2021 - 16:59 WIB
loading...
Penampilan Wajah Hitam Saat Gala Tahun Baru Imlek Picu Debat Rasisme
Ibu Afrika dimainkan wanita China. Foto/CCTV/youtube
A A A
BEIJING - Badan penyiaran pemerintah China (CCTV) mendapat kecaman karena acara yang menampilkan penari mirip orang Afrika saat pertunjukan gala Tahun Baru Imlek.

Selama pertunjukan empat jam dengan ratusan juta penonton itu para pemain muncul di atas panggung dengan berpakaian menyerupai baju Afrika dan menghitamkan kulit mereka dengan riasan.

“Tim sutradara Gala Tahun Baru itu bodoh dan kejam,” ungkap salah satu dari sejumlah pengguna Weibo untuk mengkritik drama komedi tersebut. Weibo merupakan platform media sosial mirip Twitter di China.



"Apakah ada perbedaan antara orang China yang berwajah hitam dan orang kulit putih yang memiringkan mata untuk mengolok-olok orang Asia?" ujar pengguna Weibo.



Gala tersebut memicu kontroversi serupa pada 2018 saat drama komedi menampilkan aktris Lou Naiming. Dia tampil di atas panggung dengan pakaian warna-warni, wajah dan lengannya berwarna coklat, membawa sekeranjang buah di atas kepalanya dan ditemani seseorang yang berkostum monyet.

Lihat infografis: Pasukan Amerika Serikat Tak Lagi Lindungi Ladang Minyak Suriah

Organisasi dan advokat untuk orang Afrika di China juga mengecam acara tersebut, yang ditayangkan Kamis malam.

Lihat video: Imlek di Klenteng Sam Poo Kong Semarang Sepi Pengunjung

"Sementara pendukung praktik tersebut menuduh bahwa wajah hitam berpusat pada empati dan realisme, sulit untuk memisahkannya dari sejarah panjang syair dan fiksasi pada karikatur bermasalah," ungkap kelompok aktivis Black China Caucus di Twitter.



"Tahun depan, kami berharap penyelenggara memutuskan mengakhiri praktik ini dan mempekerjakan ribuan orang kulit hitam yang tinggal di banyak bagian China," papar Black China Caucus.

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk berkomentar pada Jumat, hari libur umum. Perwakilan CCTV tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Acara yang tahun ini berfokus pada perayaan pekerja medis China dan program luar angkasa negara itu, telah menjadi acara utama televisi sejak pertama kali ditayangkan pada 1983.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)