Diangkat Jadi Menteri, Mantan Sekutu Suu Kyi Bantah Berkhianat

Sabtu, 06 Februari 2021 - 06:02 WIB
loading...
Diangkat Jadi Menteri, Mantan Sekutu Suu Kyi Bantah Berkhianat
Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar, Thet Thet Khine. Foto/YouTube
A A A
NAYPYIDAW - Seorang mantan sekutu Aung San Suu Kyi membantah telah berkhianat karena menerima jabatan menteri dari junta militer yang telah menggulingkan pemimpin terpilih Myanmar itu minggu ini.

Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar, Thet Thet Khine mengatakan, pemerintah militer yang baru inklusif dan berkomitmen terhadap demokrasi. Hal itu diungkapkannya dalam salah satu wawancara pertama yang diberikan oleh setiap anggota pemerintah baru sejak kudeta pada hari Senin lalu.

Baca Juga: Kudeta Myanmar, Warga Australia Penasihat Suu Kyi Ditahan Militer

“Fakta angkatan bersenjata mengatakan mereka akan terus bertindak sesuai hukum, kami harus menyambutnya dengan senang hati,” ujarnya.



"Saya tidak mengkhianati negara," tegasnya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/2/2021).

Thet Khine berselisih dengan Suu Kyi pada tahun 2018, jauh sebelum pemilihan umum tahun lalu dan menggambarkan peraih Nobel itu sebagai "orang gila kontrol". Ia juga menilai partai berkuasa, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), tidak dapat memperbaiki masalah Myanmar.

Tentara menggulingkan Suu Kyi pada hari Senin dan menahannya. Ini menimbulkan kecaman internasional termasuk seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk pembebasan peraih Nobel Perdamaian itu dan tahanan lainnya.



Di Myanmar, kudeta tersebut telah memicu kemarahan yang meluas dan Thet Thet Khine (53) telah dicap sebagai pengkhianat dalam semburan kritik online yang menyebabkan seruan untuk memboikot perusahaan perhiasannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)